MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA SOFTWARE PREZI

Arif Wahyu Wirawan, Jumiyanto Widodo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan
yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI AP2 SMK Negeri 3 Surakarta yang
berjumlah 29 siswa terdiri atas 29 siswa perempuan. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes evaluasi, dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru mata
pelajaran administrasi kepegawaian, peneliti, teman sejawat dan dokumen.
Peneltian ini meliputi empat tahap disetiap siklusnya, yakni: (1) perencanaan
tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaian
melalui penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media
software prezi. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan hasil belajar
mata pelajaran administrasi kepegawaian dengan KKM ≥ 75 pada siklus I
sebesar 79,3% atau 23 siswa dan siklus II 100% atau 29 siswa. Kendala
penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media software prezi
yaitu (a) guru kurang menguasai kelas, (b) pembagian waktu kurang
maksimal, (c) guru masih kurang tanggap terhadap siswa yang kurang aktif.
Solusinya (a) guru diberikan arahan kembali dan semangat dalam penerapan
pendekatan Scientific dengan menggunakan media Software Prezi, (b) guru
harus pandai dalam pembagian waktu secara maksimal, (c) guru harus lebih
tanggap lagi kepada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja grafindo

Persada.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Insan Madani.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud

dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta :Kemdikbud.

Kemdikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran .

Jakarta: Pusbangprodik.

Padmono. (2011). Media Pembelajaran. Surakarta: FKIP UNS

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV).

Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.