MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA IMPLEMENTASI PROGRAM MICROSOFT EXCEL

Chairul Huda Atma Dirgatama, Djoko Santoso Th

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan
hasil belajar peserta didik kelas XI AP 1 pada mata pelajaran administrasi
kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan model
pembelajaran problem based learning dengan mengimplementasi program
microsoft excel. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AP 1
di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru mata pelajaran
administrasi kepegawaian, peneliti dan partisipasi peserta didik. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa: (a) observasi,
(b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi
tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan
interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning
dengan mengimplementasi program microsoft excel dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti pada siklus I dan
siklus II keaktifan dan hasil belajar peserta didik terus meningkat. Sebelum
diterapkan model pembelajaran problem based learning dengan
mengimplementasi program microsoft excel nilai rata-rata kelas adalah 76,59
atau dengan persentase 53,13%. Sedangkan keaktifan peserta didik pada
aspek aktivitas visual 42,97%, aktivitas lisan 39,06%, aktivitas mendengarkan
44,53%, aktivitas menulis 53,91%. Pada siklus I hasil belajar peserta didik
mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 79,84 atau dengan
persentase 78,13%. Sedangkan keaktifan peserta didik pada aspek aktivitas
visual 75,56%, aktivitas lisan 78,13%, aktivitas mendengarkan 75%, aktivitas menulis 75,78%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 85,84 atau dengan persentase 90,63%. Sedangkan keaktifan peserta didik pada aspek aktivitas visual 86,72%, aktivitas lisan 85,16%, aktivitas mendengarkan 80,47%, aktivitas menulis 83,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dengan mengimplementasi program microsoft excel dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi kepegawaian.

Full Text:

PDF

References

Amir, Taufik. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.

Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Dalyono, M . (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kartiko, Ardian. (2014). Analisis Intensity Duration Frekuensi (Idf) Yang Paling Sesuai Dengan Bantuan Microsoft Excel. Tersedia:

(diakses 10 Desember 2014).

Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suci, N.M. (2008). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi

Mahasiswa Jurusan ekonomi UNDIKSHA. Tersedia: (diakses 11 Desember 2014).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.