PERAN PUBLIC RELATION (PR) DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI PEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN

TrDRiesninda Pahlevi, Brilian Rossy

Abstract

Citra sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah perusahaan. Citra perusahaan
harus bernilai positif karena citra merupakan jati diri dan aset sebuah
perusahaan. Public Relation (PR) mempunyai peran yang sangat penting
sebagai pembangun citra positif perusahaan melalui program Corporate
Sosial Responsibility (CSR). CSR merupakan suatu pendekatan yang sangat
strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi. Tujuan adanya
CSR yaitu menciptakan saling pengertian yang baik antara perusahaan
dengan stakeholder. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui peran PR dalam
membangun citra positif perusahaan dengan mengkomunikasikannya melalui
program CSR. Penulisan paper ini menggunakan studi literatur mengenai
peran PR melalui program CSR. Tidak banyak para pebisnis melakukan
kegiatan CSR sebagai keberlangsungan hidupnya dengan memperhatikan
Triple Bottom Lines (keuangan, kondisi sosial, dan kondisi lingkungan).
Keberlangsungan hidup perusahaan akan berdampak pada pencintraan
perusahaan itu sendiri dimata stakeholders. Untuk membangun citra
perusahaan maka CSR melakukan tahapan-tahapan dalam proses PR, yaitu
fact finding, planning, communication sampai dengan tahap evaluation.
Tahapan PR tersebut sama halnya dengan pendekatan manajerial atau biasa
disebut juga sebagai rencana jangka panjang.

Full Text:

PDF

References

Jefkins, Frank. (2005). Public Relations 5th editions. Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip and Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause, New Jersey: John Willey and Sons, Inc.

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Oliver, Sandra. (2007). Strategy Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh., & Elvirano Ardianto. (2004). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fonteneau, Gerard. (2003). Corporate Social Responsibility Envisioning Social Implications, The Jus Semper Glob’il Alliance. TLWNSI Issue Brief.

October edition.

Chrysantin, Lesthia. (2013). Strategi Public Realations PT PJB Pembangkit JawaBali) dalam Program CSR Bank Sampah. Jurnal E-Komunikasi. Vo. 1 No. 3 Tahun 2013. 24-35.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.