MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELALUI PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS)
Abstract
Keterampilan berkomunikasi mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran
2012 B pada mata kuliah Ilmu Komunikasi masih kurang. Hal ini dapat dilihat
dari mahasiswa yang kurang memperhatikan pada saat dosen menjelaskan,
mahasiswa cenderung pasif dan kurang percaya diri. Penelitian ini merupakan
penelitian pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan
peningkatan keterampilan berkomunikasi mahasiswa setelah adanya
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar pengamatan aktivitas belajar dan keterampilan
berkomunikasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas
belajar mahasiswa pada siklus I dengan rata-rata 2,56 (kurang baik), siklus II
dengan rata-rata 3,19 (baik), dan siklus III dengan rata-rata 3,56 (baik).
Sedangkan keterampilan berkomunikasi mahasiswa pada siklus I
menunjukkan skor 2,05 dengan kriteria kurang baik, siklus II menunjukkan
skor 2,77 dengan kriteria baik, siklus III menunjukkan skor 3,56 dengan
kriteria baik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.
“Berkarakter Kuat dan Cerdas” FKIP, UNS Surakarta
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Ismawati, N. dan Hindarto N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia 7. ISSN: 1693-1246. Januari Tahun 2011. 38-41.
Lie, Anita. (2002). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.
Jakarta: Grasindo.
Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: PSG Rayon
Tarigan. (2008). Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.