PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRODUKSI MINYAK ATSIRI RIMPANG LEMPUYANG WANGI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK HERBAL SECARA ONLINE MELALUI MARKET PLACE SHOPEE PADA UKM SUTI SEHATI DI NGUTER SUKOHARJO

Sri Retno Dwi Ariani, Endang Susilowati, Poppy Rahmatul Hadja, Septian Dwi Budi Prakoso

Abstract

Indonesia adalah negara megabiodiversity yang memiliki potensi besar untuk berkembang di bidang industri herbal. Salah satu UKM herbal yang mengalami peningkatan perkembangan walaupun di masa pandemi Covid-19 adalah UKM Suti Sehati.  UKM Suti Sehati merupakan UKM Herbal milik Ibu Suti Parto Wiyono yang berlokasi di Desa Pengkol Nguter Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia. UKM bergerak di bidang produksi aneka teh celup herbal, aneka jamu instan dan Minyak Angin Aromaterapi (MAA). Permasalahan yang dihadapi oleh UKM Suti Sehati adalah: (1) Bahan baku utama MAA yang berupa minyak atsiri lempuyang wangi masih harus dibeli (belum bisa memproduksi sendiri). Hal ini mengakibatkan harga jual menjadi tinggi dan sulit bersaing dengan produk sejenis di pasaran, (2) Di area kebun milik UKM banyak ditanam tanaman obat, salah satunya adalah  lempuyang wangi yang belum pernah dimanfaatkan secara serius sebagai bahan baku produksi herbal, dan (3) UKM Suti Sehati belum memiliki kemampuan di bidang pemasaran secara online melalui market place. Pemasarannya masih konvensional (toko offline), padahal di masa pandemi ini, konsumen lebih banyak belanja secara online. Metode pendampingan yang digunakan adalah metode Participatory Rural Apraisal artinya bahwa yang menghadapi masalah adalah mitra, sehingga keterlibatan mitra dalam penentuan pemecahan masalah sangat diperlukan. Solusi yang ditempuh dalam kegiatan ini adalah: (1) Tim Pengabdian Kepada Masyarakat melaksanakan kegiatan  penyuluhan, pelatihan dan pendampingan terhadap UKM Suti Sehati tentang pengolahan bahan baku rimpang lempuyang wangi menjadi produk minyak atsiri lempuyang wangi (MALW) melalui teknik isolasi dengan metode destilasi, (2) Pengadaan Teknologi Tepat Guna berupa alat distilasi minyak atsiri dan (3) Tim Pengabdian Kepada Masyarakat melaksanakan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan terhadap UKM Suti Sehati tentang pemasaran secara online melalui market place Shopee terhadap produk-produk herbal yang dihasilkan oleh UKM Suti Sehati. Output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah : (1) Terjadinya diversifikasi produksi bagi UKM Suti Sehati dan (2) Terjadinya perluasan wilayah  pemasaran bagi UKM Suti Sehati.

Keywords

Minyak Atsiri, Lempuyang Wangi, Pemasaran online, Marketplace Shopee

Full Text:

PDF

References

Fitri, N., Safitri, I dan Merdekawati, K., 2019, Produksi Minyak Atsiri Untuk Mengembangkan Desa Pelutan, Kecamatan Gebang, Purworejo , Jawa Tengah Sebagai Sentra Minyak Atsiri, Jurnal Abdimas Madani dan Lestari, Vol. 01, No. 2, pp. 79–96.

Ariani, S. R. D., 2018, Identifikasi Komponen Kimia Minyak Atsiri Rimpang Lempuyang Emprit, Lempuyang Wangi dan Lempuyang Gajah dari Desa Pijenan Jumapolo Karanganyar, Laporan Penelitian Mandiri, P.Kimia FKIP UNS, Surakarta.

Heyne, K., 1987, Tumbuhan Berguna Indonesia I, Cetakan ke-I, Litbang Departemen Kehutanan, Jakarta.

Hernani, dan Nurdjanah, R., 2009, Aspek Pengeringan Dalam Mempertahankan Kandungan Metabolit Sekunder Pada Tanaman Obat, Teknologi Tro., Vol. 21, No. 2, pp. 33–39.

Suminah, Wijayanto, A., Ihsaniyati H., dan Rusdiyana, E, 2017, Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Empon-Empon di Desa Miri Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Prosiding Seminar Nasional 2017 Fakultas Pertanian UMJ, hal. 173-183.

Koensomardiyah, 2010, Minyak Atsiri Untuk Industri Makanan, Kosmetik dan Aromaterapi, CV Andi Ofset, Yogyakarta.

Ketaren, 1987, Minyak Atsiri, UI Press, Jakarta, Terjemahan: Guether, E., 1947, Essensial Oils. Vol. I, John Willey and Sons. Inc. , New York.

Santoso, H.B., 1992, Akar Wangi Bertanam dan Penyulingan, Kanisius, Yogyakarta.

Marco, R., dan Ningrum, B. T.P., 2017, Analisis Sistem Informasi E-Marketplace Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan, Jurnal DASI, Vol. 18, No. 2, 48–53.

Endriastuti, dan Permatasari, M.P., 2018, Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Onine, dan Pengenalan m.Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortila Di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat., Vol. 1, No. 2, pp. 56–66.

Sulistiyawati, E.S., dan Widayani, A., 2020, Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar, Kompetitif, Vol. 4, No.1, 133-142.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.