PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KEMAMPUAN GURU

Sri Yamtinah, Budi Utami, Bakti Mulyani, Mohammad Masykuri, Maria Ulfa

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN) yang dirancang khusus untuk fungsi pemetaan dan perbaikan mutu pendidikan secara nasional. Para guru memiliki peran penting untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi AKM. Guru secara tidak langsung dituntut untuk membiasakan bentuk-bentuk instrumen AKM pada proses pembelajaran dan penilaian yang mereka lakukan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengabdian untuk penguatan kemampuan guru dan calon guru dalam menyiapkan instrument AKM. Sebanyak 25 orang guru SMP di Kabupaten Karanganyar dan 20 orang calon guru berpartisipasi pada pendampingan yang dilakukan. Terdapat empat tahapan pada pengabdian ini, yaitu penyuluhan, pelatihan, pendampingan pembuatan instrumen AKM, dan penyusunan pelaporan. Berdasarkan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, diketahui para guru dan calon guru masih memiliki paparan informasi yang sedikit terkait dengan AN dan AKM. Hasil dari pendampingan ini, diperoleh instrument AKM yang dibuat oleh guru dan calon guru. Instrumen yang dihasilkan ini diharapkan dapat menjadi penduan bagai para guru dan calon guru untuk mengembangkan dan menggunakan instrumen AKM pada proses pembelajaran dan penilaian dikelas mereka.

Keywords

Asesmen kompetensi minimum (AKM), asesmen nasional, penguatan kemampuan guru dan calon guru

Full Text:

PDF

References

Brookhart, S. M. (2005). Developing Measurement Theory for Classroom

Assessment Purposes and Uses. Educational Measurement: Issues and

Practice, 22(4), 5–12. https://doi.org/10.1111/j.1745-3992.2003.tb00139.x

Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8), 865–883. https://doi.org/10.1002/tea.20333

Chen, C., & Song, M. (2017). Representing Scientific Knowledge: The Role of Uncertainty. Representing Scientific Knowledge: The Role of Uncertainty, November, 1–375. https://doi.org/10.1007/978-3-319-62543-0

Holbrook, J. (2010). Education through science education for all. Science Education International, 21(2), 80–91. http://www.eric.ed.gov/PDFS/EJ890663.pdf

Holbrook, Jack, & Rannikmae, M. (2007). The Nature of Science Education for Enhancing Scientific Literacy. International Journal of Environmental

and Science Education, 29(11), 1347– 1362. https://doi.org/10.1080/09500690601007549

Hostetler, K., Luo, T., & Stefaniak, J. E. (2018). Aligning information literacy assessment with metacognitive strategies. Journal of University Teaching and Learning Practice, 15(5). https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85064005041&partnerID=40&md5=0a30 5e326910bbd4e0c60863d91022e7

Hurd, P. (1998). Scientific literacy: New minds for a changing world. Science Education, 82, 407–416. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-

X(199806)82:3<407::AIDSCE6>3.3.CO;2-Q

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (1998). Higher Order Thinking Skills. Publication of the Educational Services Program, Now Known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Obtido de:

Www.Cala.Fsu.Edu, 1–176. http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order thinking_skills.pdf

Lutviana, E., Rahardjo, S. B., Susanti, E., Yamtinah, S., Mulyani, S., & Saputro, S. (2019). The computer-assisted testlet assessment instrument to measure students ’ learning difficulties in chemical bonding. Journal of Physics: Conference Series, 1156(012019), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1156/1/012019

Mishra, P. & Koehler, M. J. (2006).

Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher

Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Nawas, A. (2018). Contextual teaching and learning (ctl) approach through react strategies on improving the students’ critical thinking in writing. International Journal of Management and Applied Science, 4(7).

Ouellet Dallaire, C., Trincsi, K., Ward, M. K., Harris, L. I., Jarvis, L., Dryden, R. L., & MacDonald, G. K. (2018). Creating space for sustainability literacy: the case of student-centered symposia. International Journal of Sustainability in Higher Education, 19(4), 839–855. https://doi.org/10.1108/IJSHE-08-2017- 0126

Shidiq, A. S., Masykuri, M., & Susanti, E. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas Xi Sma N 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, November, 2015–2159.

Shidiq, A. S., Yamtinah, S., & Masykuri, M. (2019). Identifying and addressing students’ learning difficulties in hydrolysis using testlet instrument. AIP Conference Proceedings, 2194(020117), 1–8. https://doi.org/10.1063/1.5139849

Tanak, A. (2018). Designing TPACK-based course for preparing student teachers to teach science with technological pedagogical content knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.07.012

Wainer, H., Bradlow, E. T., & Wang, X. (2013). Testlet Response Theory and Its Applications. In Testlet Response Theory and Its Applications. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511618

002SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA XIII 65

Yamtinah, S., Haryono, Mulyani, B., & Shidiq, A. S. (2016). Pelatihan Guru Kimia SMA dalam Mengembangkan Tes Jenis Testlet dan Profil Individu untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 161–168.

Yamtinah, S., Masykuri, M., Ashadi, M., & Shidiq, A. S. (2017). An Analysis of

Students’ Science Process Skills in Hydrolysis Subject Matter Using Testlet

Instrument. Proceedings of the International Conference on Teacher

Training and Education 2017 (ICTTE 2017), 158, 101–110. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.