ANALISIS PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERWAWASAN GREEN CHEMISTRY

Miokti Yessi

Abstract

Masa pandemi Covid-19 ini mendorong setiap insan Pendidikan untuk berinovasi
terutama dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi multimedia interaktif berbasis android berorientasi pada praktikum berwawasan green chemistry terhadap penguasan konsep peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran materi sifat koloid. Media pembelajaran interaktif berbasis android dibuat menggunakan aplikasi Smart Apps Creator yang dimanfaatkan dalam pembelajaran abad 21. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Palangka Raya pada siswa kelas XI dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu memberikan tes kepada siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test), sedangkan nontes berupa angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan g-score 0,87 dengan kriteria tinggi. Hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa, sebagian besar peserta didik memberikan tanggapan yang
baik bahwa pembelajaran ini sangat menarik dan dapat membantu mereka belajar dengan baik di masa belajar dari rumah. Jadi, penggunaan multimedia interaktif berbasis android berwawasan green chemistry, dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Peserta didik memberikan respon yang baik dalam pembelajaran karena peserta didik dapat menjelaskan konsep green chemistry yang diperoleh dalam pembelajaran dan mengaitkan konsep tersebut untuk dapat menjelaskan fenomena sehari-hari terkait dengan sifat koloid. Implikasi dari
penerapan pembelajaran ini adalah integrasi mata pelajaran kimia dengan materi pelajaran prakarya dan kewirausahaan yaitu pembuatan koloid dalam praktek pembuatan makanan internasional.

Keywords

Penguasaan Konsep, multimedia interaktif, android, green chemistry

Full Text:

PDF

References

Yamin, Muhammad dan Syahrir, 2020, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 6. No. 1. April 2020, pp.126-136

Khoirudin, Rori, Ashadi, Mohammad Masykuri, 2021, Smart Apps Creator 3 to improve student learning outcomes during the pandemic of COVID-19, JPBI Vol. 7 No. 1 March 2021, pp.25-34

Fatma, Arina Diana and Partana, C., 2019, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229-236. doi:https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.260 35.

Anastas, P. T., and J. C. Warner., 1998, Green Chemistry: Theory and Practice Eds., Oxford University Press: Oxford, UK.

Mintarlis, Bertha Yonata,. dan Rusly Hidayah, 2016, Rancangan

Pembelajaran Karakter Sains Berwawasan Green Chemistry pada Perkuliahan Kimia Dasar Di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya.

Hake, R.R., 1998, Interactiveengangement versus tradisional methods: A Sis-thousand-student Survey of Mechanics Test Data for Introductory physics course. America:SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA XIII 55 The American Journal of Physics Teacher.

Chuang, T. Y., & Chen, W. F, 2007, Effect of Digital Games on Children's Cognitive Achievement, Journal of Multimedia, 27-30.

Sakat, A. A., Mohd Zin, M. Z., Muhamad, R., Ahmad, A., Ahmad, N. A., & Kamo, M. A., 2012, Educational technology media method in teaching and learning progress, American Journal of Applied Sciences , 874-888.

Nurbaity, 2011, Pendekatan Green Chemistry Suatu Inovasi Dalam Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan, Jurnal Riset Pendidikan

Kimia. Vol. 1, No. 1

Yustiqvar, Muhammad, Saprizal Hadisaputra, Gunawan, 2019, Analisis

Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia

Interaktif Berbasis Green Chemistry, J. Pijar MIPA, Vol. 14 No. 3, September

: 135-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.