PRODUKSI SUPLEMEN ANTIOKSIDAN ALAMI BERBAHAN BAKU KORO BENGUK (Mucuna pruriens (L.) DC.) PRA-FERMENTASI SEBAGAI PELUANG USAHA BARU DI ERA PANDEMIK

Sri Retno Dwi Ariani

Abstract

Di era new normal ini, tren masyarakat dalam mengkonsumsi suplemen kesehatan, khususnya antioksidan, semakin meningkat. Kondisi tersebut dapat dibidik sebagai sebuah peluang usaha baru. Penelitian yang akan disampaikan berikut ini merupakan salah satu langkah eksplorasi antioksidan alami dari produk pangan lokal Indonesia, yaitu koro benguk dan produk-produk tempenya. Di Indonesia, koro benguk merupakan tanaman yang selama ini masih dikesampingkan (under utilize crop). Koro benguk lazim dibuat tempe yang merupakan makanan fermentasi tradisional khas daerah di Indonesia, yaitu di sebagian wilayah Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.
Tahapan riset meliputi, penyediaan sampel berupa koro benguk serta produk tempenya yaitu, koro benguk kupas, koro benguk pra-fermentasi, tempe koro benguk fermentasi 24, 48, 72 dan 96 jam; melakukan proses maserasi bertingkat terhadap koro benguk dan produk tempenya dengan 3 jenis pelarut yang aman bagi kesehatan, yaitu etil asetat, etanol 70% dan air; melakukan uji aktivitas antioksidan dan uji total fenol terhadap seluruh ekstrak yang dihasilkan; melakukan isolasi dan identifikasi senyawa kimia yang terkandung dalam ekstrak dengan aktivitas antioksidan paling tinggi dengan metode HPLC, HPLC Preparatif dan LC-MS (ESI); melakukan penentuan aktivitas antioksidan isolat dengan asam askorbat sebagai pembanding dan uji stabilitas aktivitas antioksidan isolat L-Dopa pada penyimpanan suhu -4 0C dan suhu kamar selama 12 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol koro benguk pra-fermentasi (EEKBPF) adalah ekstrak dengan aktivitas antioksidan paling tinggi, EEKBPF mengandung L-Dopa sebagai senyawa dengan aktivitas antioksidan paling tinggi, L-Dopa berbentuk serbuk putih, rumus molekul C9H11NO4, BM 197,08 g/mol dan titik leleh 276oC. Aktivitas antioksidan isolat L-Dopa (IC50 =4,46 ppm) lebih tinggi dibanding asam askorbat (IC50=5,26 ppm) sebagai antioksidan pembanding. Terdapat pengaruh suhu dan waktu penyimpanan dari isolat L-Dopa terhadap aktivitas antioksidannya. Apabila proses produksi dan pemasaran suplemen antioksidan alami ini dapat terealisasi, maka diperlukan penyediaan bahan baku yang banyak dan kontinu. Hal ini akan membuka peluang bisnis baru dari hulu sampai ke hilir. Koro benguk layak dipertimbangkan sebagai tanaman prospektif dan bernilai ekonomis.

Keywords

Suplemen, antioksidan alami, koro benguk, L-Dopa

Full Text:

PDF

References

Nursalim, A., 2020, Negara-Negara ini Mulai Menjalani New Normal, http://www.akseleran.co.id, Diakses pada tanggal 16 Agustus 2020.

Yuliarti, N., 2009, A to Z Food Supplement, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kumalaningsih, S., 2007, Antioksidan, Sumber dan Manfaatnya, http://www.antioxidantcentre.com. Diakses Pada Tanggal 2 Januari 2011.

Winarsi, H.,2007, Antioksidan Alami dan Radikal Bebas, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Handajani, S., 2001, Indigenous Mucuna Tempe as Functional Food, Asia Pacific Journal Clinical Nutrition, 10, 3, 222–225.

Avisena, 2009, Potensi Tinggi dari Mucuna, si Tumbuhan yang Terabaikan,

http://tanijaya.com., Diakses Pada Tanggal 11 Agustus 2016.

USP, 2007, Residual Solvents, https://www.mc.usp.org, Diakses Pada Tanggal 30 Januari 2014.

Emborg, M.E., 2006. Evaluation of animal modelsof Parkinson’s disease for neuroprotectivestrategies, J. Neuro Sci. Methods, 139, 121–143.

Vadivel, V., and Janardhanan, N.K., 2000, Nutritional and Anti Nutritional Compotition of Velvet Bean : an Under Utilized Food Legume In South India, International Journal of Food Sciences and Nutrition, 51, 279-287.

Ariani, S.R.D., Matsjeh, S., Mustofa, and Purwono, B., 2016, Quantitative Analysis of L-Dopa (L-3,4-Dihydroxyphenylalanine) Content in Extracts of Various Products from Velvet Bean (Mucuna pruriens (L.) DC.) Tempe Processing, Oriental Journal of Chemistry, 32 (6), 2921-2927.

Soho, 2020, Nootropics Vitalitas, https://www.tokopedia.com/sohoelectronic/l-dopa-levodopa-mucuna-10-gram-powder-mood-libido-nootropics, Diakses pada tanggal 16 Agustus 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.