PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG RELEVAN

Miokti Yessi

Abstract

Media dalam pembelajaran sangat penting terutama dalam memfasilitasi belajar peserta didik. Para guru abad 21 tidak hanya harus memiliki pengetahuan tentang konten atau materi ajar yang harus dikuasai tetapi harus memiliki pengetahuan dasar-dasar dalam penyusunan suatu media pembelajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia pendidikan di era 4.0 menuntut guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran baik secara klasikal maupun dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, guru abad 21 harus memiliki pengetahuan yang baik tentang pedagogical content knowledge (PCK) dalam pembelajaran yang terintegrasi dalam penyajian materi ajar pada media pembelajaran yang digunakan. Antara media pembelajaran dan PCK dua hal yang sangat penting dan tidak terlepas, medianya bagus namun pengetahuan dan keterampilan untuk menghubungkan materi yang telah dipelajari ke situasi yang baru masih belum tercapai, artinya media tersebut kurang efektif untuk digunakan. Sehingga PCK ini sangat diperlukan, tidak hanya konten pembelajaran yang disampaikan melalui media itu dapat menjadi pengetahuan untuk peserta didik, namun dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Artikel ini bertujuan mengupas tentang jenis, karakterikstik media pembelajaran yang baik, peranan pedagogical content knowledge (PCK) dalam penyusunan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran kimia dengan menerapkan beberapa langkah dalam menyusun media pembelajaran yang tepat sasaran dan tepat guna demi pembelajaran yang bermakna, serta menjelaskan perkembangan dan kaitannya dengan technological pedagogical content knowledge (TPACK).

Keywords

media pembelajaran, pedagogical content knowledge (PCK), pembelajaran abad 21.

Full Text:

PDF

References

Abbit, J.T. (2011). Measuring Technological Pedagogical Content Knowledge in Preservice Teacher Education: A Review of Curent Methodes and Instrumens. Journal of Research on Technology in Education. 43(4): 281-300.

Aprianto, V. Y., 2014, Pengetahuan Guru tentang representasi Materi Fisika dalam Pembelajaran Fisika yang Dimiliki oleh 3 Orang Guru Fisika SMA di Yogyakarta. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma.

Arief S. Sadiman, dkk. (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Loughran, J., B. Amanda, and M. Pamela. (2012). Understanding and

Widodo, Teknologi Proses Film ...........

“Ekspansi Riset Kimia Dan Pendidikan Kimia

Untuk Pembangunan Berkelanjutan”

Developing Science Teacher’s Pedagogical Content KnowledgeI 2nd Edition. Sense Publisher. AW Rotterdam-Netherland.

Muhasim. (2017). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan: Volume 5 Nomor 2. 53-77.

Mukhtar dan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Vol.13 No.2. 174-183.

Nasrullah I., Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK: Volume 3 Nomor 1. 28-32.

Peng, W. (2012). Examining Pedagogical Content Knowledge (PCK) for Business English Teaching: Concept and Model. Polyglassia. 25: 83-94

Rica Yanuarti dan Wibowo Mukti. 2020. Modul Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level Kreasi (Level 3): Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud

Riese, J., & Reinhold, P., 2010, Measuring Physics Student Teachers' Pedagogical Content Knowledge as an Indicator of their Professional Action Competence. Dalam M. F.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan: Vol.1 No.1. 58-78.

Sudjana, Nana dan A. Ahmad Rivai. (2011). Media Teaching. Bandung. New Light.

Shullman. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research. 15(2): 4-14.

Shulman, L. S., 1987, Knowledge and teaching: Foundations of the new reform, Harvard Educational Review, 57(1), 1-22.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., & Russell, J.D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning, 9th Ed. Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill/Prentice Hall Sujana, N. (2009). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suyono dan Harianto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Taşar & G. Çakmakci (editor), Contemporary science education research: teaching, pp. 79–86; 91-

SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA XII (SN-KPK XII 197

)

, Turkey: Pegem Akademi, Ankara.

Yamin, Martins. (2003) Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta. GP. Press G.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.