ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA BERDASARKAN TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mardhiyah Ayu Astari, Sri Yamtinah, Mohammad Masykuri, Endang Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) calon guru kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru kimia semester IV yang menempuh mata kuliah perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan analisis secara kualitatif terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh calon guru. Analisis kemampuan PCK calon guru kimia ditinjau berdasarkan indikator PCK yang meliputi : (K1) orientasi menuju pengajaran sains, (K2) pengetahuan tentang kurikulum, (K3) pengetahuan tentang pemahaman siswa pada topik sains tertentu, (K4) pengetahuan dan kepercayaan tentang penilaian dalam sains, dan (K5) pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan PCK calon guru kimia ditinjau dari telaah RPP sebanyak 4,91% calon guru memiliki kemampuan PCK sangat baik, 60,65% calon guru memiliki kategori baik, 34,42% calon guru memiliki kategori cukup, tidak ada calon guru yang memiliki kemampuan PCK kategori kurang dengan persentase 0%.

Keywords

PCK, calon guru, RPP

Full Text:

PDF

References

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru,” Peratur. Pemerintah Republik Indones. Nomor 19 Tahun 2017, vol. Volume

Astari, Analisis Kemampuan Pedagogial .....

“Ekspansi Riset Kimia Dan Pendidikan Kimia

Untuk Pembangunan Berkelanjutan”

, no. Nomor 03, p. Hal 270, 2017.

Darling-Hammond, L., Bransford, J. Eds. 2005. Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Should Learn and Be Able to Do. Jossey-Bass.

L. Shulman, “Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform,” Harv. Educ. Rev., vol. 57, no. 1, pp. 1–23, 1987,doi:10.17763/haer.57.1.j463w79r56455411.

L. S. Shulman, “Those Who Understand: A Conception of Teacher Knowledge.,” Am. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 4–14, 1986, doi: 10.3102/0013189X015002004.

S. Park and J. S. Oliver, “Revisiting the conceptualisation of pedagogical content knowledge (PCK): PCK as a conceptual tool to understand teachers as professionals,” Res. Sci. Educ., vol. 38, no. 3, pp. 261–284, 2008, doi: 10.1007/s11165-007-9049-6.

J. . Magnusson, S.J., Borko, H., & Krajik, “Nature, sources, and development of pedagogical content knowledge for science teaching. In J. Gess-Newsome & N. Lederman (Eds.),” MA Kluwer Press. Nat., pp. 1–36, 1999.

P. M. Sadler and G. Sonnert, “Understanding misconceptions teaching and learning in middle school physical science,” Am. Educ Spring, vol. 40, no. 1, pp. 26–32, 2016, [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=EJ1094278.

M. Kunter, U. Klusmann, J. Baumert, D. Richter, T. Voss, and A. Hachfeld, “Professional competence of teachers: Effects on instructional quality and student development,” J. Educ. Psychol., vol. 105, no. 3, pp. 805–820, 2013, doi: 10.1037/a0032583.

[9] J. Baumert et al., “Teachers’ mathematical knowledge, cognitive

activation in the classroom, and student progress,” Am. Educ. Res. J., vol. 47, no. 1, pp. 133–180, 2010, doi: 10.3102/0002831209345157.

T. Voss, M. Kunter, and J. Baumert, “Assessing Teacher Candidates’ General Pedagogical/Psychological Knowledge: Test Construction and Validation,” J. Educ. Psychol., vol. 103, no. 4, pp. 952–969, 2011, doi: 10.1037/a0025125.

Barke, H.D., Hazari, A., & Yitbarek, S. 2009. Misconception in Chemistry.Berlin : Springer.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.