DRAW MIND MAP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS DAN MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Lenni Khotimah Harahap, Julia Mardhiya, Hanifah Setiowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan saat berlangsungnya mata kuliah Media Pembelajaran pada mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Kimia yang sedang belajar mata kuliah Media Pembelajaran. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa semester 4 kelas 4A Program Studi Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil karya peta konsep mahasiswa menggunakan edraw mind map dan diperoleh motivasi belajar mahasiswa sebesar 79 % dengan kategori baik.

Keywords

edraw mind map, media, peta konsep, kreatifitas, motivasi

Full Text:

PDF

References

Attaqiana, M. R., Saptorini, dan

Binadja, A. “Pengembangan Media

Permainan Truth Anda Dare Bervisi

Sets Guna Memotivasi Belajar

Siswa”. Jurnal Inovasi Pendidikan

Kimia, Vol.10, No 2, Hal. 1798-1806.

Yunita, L., Sofyan, A. & Agung, S.

“Pemanfaatan Peta Konsep (Concept

Mapping) Untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa Tentang Konsep

Senyawa Hidrokarbon”. Edusains.

Vol 6, No 1. 2014.

Zulaeha, I. “Innovation Models of

Indonesian Learning in Multicultural

Society”. Procedia - Social and

Behavioral Sciences, vol. 103, 506-

2013.

Kittidachanupap, N., Singthongchai,

J., Naenudorn, E., Khopolklang, N.,

and Niwattanakul, S. “Development

of Animation Media for Learning

English Vocabulary for Children”.

Conference Paper. 2012.

Sudarminta. 1991.”Filsafat Proses,

Sebuah Pengantar Sistematik

Filsafat Alfred North Whitehead”.

Yogyakarta: Kanisius

SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA XII (SN-KPK XII)

Sanjaya, W. “Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP”. Jakarta: Kencana. 2010.

Novianti, D. “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 10, Hal. 74‐85. 2010.

Hasrul. “Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2” Jurnal Medtek, Vol 3, No 2, Hal. 1-10. 2011.

Santoso, T. & Supriadi. “Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia”. Prosiding Seminar Nasional Kimia. ISBN: 978-602-0951-00-3, Hal. 134-143. 2014.

Khikmayanti, A., Kasmadi, I. & Saptorini. “Pengaruh Pendekatan Pakem Berbantuan Peta Konsep Acak Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal.61-66. 2012.

Buzan, T. “ Buku Pintar Mind Map,Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Widoyoko & Eko, P. “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Arikunto, S. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Aqib, Z., dkk. “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung : Yrama Widya. 2011.

Pribadi, B. A. Dan Delfy,R. “Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru”. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh,Vol 16, Hal. 76-88. 2015.

Susatyo, E. B., Soeprodjo dan Jumiati. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbalik Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 5, No 2, Hal.809-818. 2011

Nashar. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press. 2004..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.