OPTIMALISASI PEWARNAAN ALAM RUMPUT LAUT PADA KAIN KATUN DAN SUTERA

Farida Dipl. Teks, M.Sc

Abstract

Untuk mendukung keberlanjutan ekosistem yang baik di sektor industri batik Indonesia, diperlukan bahan baku pewarna lokal terbarukan dan aman bagi kesehatan maupun lingkungan. Eksplorasi sumber pewarna alami terus dilakukan seiring meningkatnya minat konsumen terhadap batik warna alam. Rumput laut atau alga merupakan salah satu sumber pewarna alami potensial yang ketersediaanya melimpah, memiliki proses pertumbuhan yang cepat disertai dengan kemudahan dalam hal budidayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pewarnaan menggunakan ekstrak rumput laut Sargassum sp menggunakan variasi jenis pelarut air pada suhu ekstraksi 80 OC dan etanol pada suhu 30 OC, penambahan sejumlah alkali dilakukan untuk meningkatkan efektifitas ekstraksi. Pengujian kualitas hasil pewarnaan dengan parameter uji ketuaan warna, uji ketahanan luntur warna terhadap pencucian dan uji kekuatan tarik kain. Ekstraksi pewarna yang menunjukkan hasil paling baik adalah kombinasi pelarut air dengan penambahan NaOH dan Na2CO3 dengan perlakuan pemanasan 80 0C. Mordan akhir tawas menghasilkan arah warna muda coklat kekuningan, mordan akhir kapur menghasilkan arah warna sedang coklat kemerahan, serta mordan akhir tunjung menghasilkan arah warna tua coklat kehijauan dengan ketahanan luntur warna terhadap pencucian bernilai baik (skala 4-5). Untuk produk ttitik dan jumputan paling optimal menggunakan proses pencelupan panas, karena rumput laut termasuk dalam golongan zat warna asam

Keywords

Rumput laut, Sargassum sp, pewarna alami, batik, tritik jumputan

Full Text:

PDF

References

Isminingsih, 1978, Pengantar Kimia Zat Warna, Institut Teknologi Tekstil, Bandung.

Arifin, 2007, Tinjauan dan Evaluasi Proses Kimia (Koagulasi, Netralisasi, Desinfeksi) di Instalasi Pengolahan Air Minum Cikokol, Tangerang, PT. Tirta Kencana Cahaya Mandiri, Tangerang..

Arifin, 2008, Metode Pengolahan Warna Air; Tinjauan Literatur, PT. Tirta Kencana Cahaya Mandiri, Tangerang.

Renita Manurung; Rosdanelli Hasibuan; Irvan, 2004, Perombakan Zat Warna Azo Reaktif Secara Anaerob-Aerob, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Guljarani ML., 1993, Introduction to natural dyes, Compendium for International Workshop on Natural Dyes, NHDC, India, (p. 85-95).

Kierstead SP., 1950, Natural Dyes, Bruce Humphries Inc., Boston, (p. 20-21).

Gulrajani ML., 1993, Mordants, Compendium for International Workshop on Natural Dyes, NHDC, India, (p. 96-103).

Kun Lestari WF., Sulaeman, 1998, Pengkajian zat warna alam untuk batik sebagai alternatif pewarna, Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik, 17, (p. 33-42).

Laura Barsanti, Paolo Gualtieri, 2006, Algae: Anatomy, Biochemistry, and Biotechnology, Taylor & Francis Group, USA.

Drs. Wanda S. Atmadja, M.Sc., Apa Rumput Laut itu sebenarnya?, www.rumputlaut.org, akses 13072011 15:35 WIB.

Subardjo dan Sulistyani, 1992, Penelitian Pengaruh Derajad Keasaman pada Pencelupan Batik Sutera, Majalah Dinamika Kerajinan dan Batik No.10, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik, Yogyakarta.

SK. Sewan Susanto, S.Teks, 1980, Seni Kerajinan Batik Indonesia, p.48, Balai Penelitian Batik dan Kerajinan, Yogyakarta.

Rifaida Eriningsih, Theresia Mutia, Ernaningsih, 2006, Potensi Rumput Laut Coklat Sebagai Zat Warna Alam Untuk Kain Sutera, Balai Besar Tekstil, Bandung

id.wikipedia.org/wiki/Air, akses 13072011 14:43 WIB.

en.wikipedia.org/wiki/Sodium_hydroxide, akses 13072011 14:43

Yunizal, Tazwir dan M. Darmawan, 2003, Riset Fraksinasi Mannuronat dan Guluronat Dari Natrium Alginat, Riset Optimasi Pemanfaatan Makro dan Mikro Algae, Pusat Riset Pengolahan Produk dan Sosial

Farida, Optimalisasi Pewarnaan Alam .........

“Ekspansi Riset Kimia Dan Pendidikan Kimia

Untuk Pembangunan Berkelanjutan”

Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

McHugh, D.J. 1987 (ed.), 1987, Production and utilization of products from commercial seaweeds, FAO Fish.Tech.Pap., (288):189 p.

http://prostel.wordpress.com/2009/04/17/lignin/, akses 16112011 10:01 WIB.

UNEP Chemicals, 2002, SIDS Initial Assessment Report For SIAM 15: Sodium carbonate, UNEP, Boston, http://www.chem.unep.ch/irptc/sids/oecdsids/Naco.pdf, akses 16112011 15:12 WIB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.