ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN VIRTUAL LABORATORY

Cartika Candra Ledoh, Sentot Budi Raharjo, Sulistyo Saputro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan dan menyusun modul inkuri terbimbing dengan bantuan virtual laboratory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yang dituju ialah guru kimia di sekolah menengah atas di kabupaten Rote Ndao, NTT. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 5 orang guru di tiga sekolah yang dijadikan sampel penelitian. Hasil yang diperoleh penelitian menunjukan bahwa pengembangan e-modul virtual laboratory berbasis inkuiri terbimbing ini dapat membantu peserta didik menjadi lebih mandiri dalam hal belajar. Model inkuiri terbimbing dapat mengarahkan peserta didik dalam melakukan konsep mereka sendiri dengan melakukan perumusan masalah, melakukan percobaan hingga menyimpulkan kesimpulan sendiri.

Keywords

E-Modul, virtual laboratorium, inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References

Chase, A., Pakhira, D., & Stains, M. (2013). Implementing Process-Oriented, Guided-Inquiry Learning for the First Time: Adaptations and Short-Term Impacts on Students ’ Attitude and Performance.

Conway, C. J. (2014). E ff ects of Guided Inquiry versus Lecture Instruction on Final Grade Distribution in a One-Semester Organic and Biochemistry Course.

Douglas, E. P., & Chiu, C. (2012). Process-oriented Guided Inquiry Learning in Engineering. 56(Ictlhe), 253–257. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.652

Haseli, Z. (2013). The Effect of Teaching Critical thinking on Educational Achievement and Test Anxiety among Junior High School Students in Saveh. 2(2), 168–175.

Peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 pasal 48 dan 59 pengelola pendidikan. Jakarta : peraturan pemerintah

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pratama, R., & Masykuri, M. (2018). The Effectiveness of Implementation of Virtual Based Guided-Inquiry Module on Thermochemistry Concept at One of State Senior High School in Selong. 5th ICRIEMS Proceedings Published by Faculty Of Mathematics And Natural Sciences, VII(Education), 71–76.

Zahra Haseli. (2013). The Effect of Teaching Critical Thinking on Educational Achievement and Test Anxiety among Junior High School Student in Saveh. Europen Online Journal of Natural and Social Science, 2(Teaching and Learning), No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.