PENGEMBANGAN INSTRUMENT TWO-TIER MULTIPLE CHOISE BERBASIS HOTS PADA MATERI IPA TERPADU ASAM BASA DAN GARAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Noeraida, “Penerapan Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Menjelang Implementasi Kurikulum 2013,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 43, no. 1, pp. 25–31, 2014.
Susbiyanto and I. Wilujeng, “PENGEMBANGAN PERANGKAT IPA BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN
Hidayatullah, Pengembangan Instrumen Two .........
“Ekspansi Riset Kimia Dan Pendidikan Kimia
Untuk Pembangunan Berkelanjutan”
KETERAMPILAN PROSES, KEJUJURAN, DAN TANGGUNG JAWAB,” pp. 86–103, 2013.
M. H. Amanda, S. Haryani, and F. W. Mahatmanti, “Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 14, no. 1, pp. 2468 – 2478–2478, 2020, [Online]. Available: Vol 14.
D. Apriana, “Problematika Guru Dari Aspek Ketersediaan Sarana Prasarana,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 291–297, 2017.
S. Setyaningih, “Pengelolaan sarana prasarana dalam implementasi kurikulum pendidikan guru sekolah dasar: Sebuah studi kasus di Universitas Negeri Semarang,” J. Manag. Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 62–71, 2018, doi: 10.23917/jmp.v13i2.6397.
T. A. M. R. Guritno, M. Masykuri, and Ashadi, “Pembelajaran Kimia Melalui Model Pemecahan Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Dan Sikap Ilmiah Siswa,” Inkuiri, vol. 4, no. 2, pp. 1–9, 2016.
P. Medina, “Analisis Miskonsepsi Siswa kelas X pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Reaksi Oksidasi dan Reduksi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN 10 Kota Padang,” J. Residu, vol. 1, no. 1, pp. 73–84, 2017.
M. Nofiana, S. Sajidan, and P. Puguh, “Pengembangan instrumen evaluasi two-tier multiple choice question untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kingdom plantae,” J. Inkuiri, vol. 3, no. 2, pp. 60–74, 2014, doi: 10.20961/inkuiri.v3i2.9694.
A. S. Shidiq, M. Masykuri, and E. Susanti, “Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas Xi Sma N 1 Surakarta,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, no. November, pp. 2015–159, 2015.
D. Septiana, Zulfiani, and M. F. Noor, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice,” Edusains, vol. 6, no. 2, pp. 191–200, 2015, doi: 10.15408/es.v6i2.1151.
T. ysuuml; z Cengiz, “Development of two-tier diagnostic instrument and assess students’ understanding in chemistry,” Sci. Res. Essays, vol. 4, no. 6, pp. 626–631, 2009.
D. Kurniati, R. Harimukti, and N. A. Jamil, “KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DI KABUPATEN JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA,” vol. 20, no. 2, 2016.
SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA XII (SN-KPK XII)
M. Hasyim and F. K. Andreina, “Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 5, no. 1, p. 55, 2019, doi: 10.24853/fbc.5.1.55-64.
W. Vogt, “fakor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan,” Dict. Stat. Methodol., vol. 2, no. 1, 2015, doi: 10.4135/9781412983907.n1534.
U. Pratiwi and E. F. Fasha, “Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin,” J. Penelit. dan Pembelajaran IPA, vol. 1, no. 1, p. 123, 2015, doi: 10.30870/jppi.v1i1.330.
M. M. Singamurti, “Pengembangan Instrumen Penilaian Model Two-Tier Multiple Choice Question (TTMCQ) pada Materi Pancadharma,” INFERENSI J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 14, no. 1, pp. 97–120, 2020, doi: 10.18326/infsl3.v14i1.97-120.
R. A. Girsang, W. Bunawan, and R. Juliani, “Development of Two-tier Multiple Choice Instrument to Measure Higher Order Thinking Skills,” vol. 397, no. Icliqe 2019, pp. 1038–1045, 2020, doi: 10.2991/aisteel-19.2019.94
R. Badjeber and J. P. Purwaningrum, “Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.