Pengaruh Metode Pembelajaran Fisik Terhadap Passing Bawah Bola Voli
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kesulitan dalam melakukan pasing bawah, karena siswa tidak memahami bagaimana cara melakukannya, bagaimana perkenaan bola dan ayunan serta posisi kaki dan tangan saat melakukan pasing bawah, hal itulah yang mendasari peneliti melakukan observasi sehingga hasil tersebut menunjukan bahwa pasing bawah memiliki tingkat kesulitan tinggi dan beragam bagi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Slogohimo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari siswa X.A dan X.B SMA Negeri 1 Slogohimo dengan menerapkan purposive sampling. Analisis data yang diterapkan yaitu sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian dari 25 peserta didik X.A (praktek fisik part practice) dan 25 siswa kelas X.B (praktek fisik whole practice) diketahui terdapat peningkatan hasil belajar pasing bawah menggunakan penerapan model belajaran praktek fisik part practice dan juga praktek fisik whole practice. Kenaikan kelas part practice sebesar 19%. Kenaikan praktek fisik whole practice sebesar 17%. Simpulan penelitian ini adalah ada dampak penggunaan metode belajaran praktek fisik part practice dan praktek whole practice hal ini dikarenakan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Namun melalui pengujian independen sampel t-test menyatakan bahwa penggunaan metode belajaran part practice dan juga praktek whole practice sama-sama berpengaruh memperbaiki niali pembelajaran pasing bawah bola voli peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Slogohimo.
Kata kunci: Pembelajaran, Hasil Pembelajaran, Fisik, Bola Voli
Full Text:
PDFReferences
Faturrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Faruq. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Bola Voli.
Galang, Baqiyudin. (2013). “Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bola Basket.”
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Irwansyah, Nenggala K.A. (2016). PJOK untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas X. Bandung: Gafindo Media Pratama
Mulyana, A. (2018) Umdamg-Undang (UU) no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan.
Nurman Ramadhan. (2016). “Pengaruh Metode Whole Practice Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Pada Aspek Ketepatan Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bola Voli.”
Putro. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas Sabila,
Ayu Wulandari. (2015). “Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Pracice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket.”
Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model permainan aktivitas luar kelas untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164-177.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.