Persepsi Siswa terhadap Peregangan (Stretching) setelah Aktivitas Pembelajaran di Dalam dan di Luar Kelas: Implikasi terhadap Keminatan Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap peregangan (stretching) setelah aktivitas pembelajaran di dalam maupun di luar kelas serta implikasinya terhadap keminatan belajar. Melalui metode survei dengan kuesioner yang dibagikan kepada 100 siswa dari sekolah menengah atas di Indonesia, penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa merasa peregangan membantu meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar mereka. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi peregangan dalam rutinitas sekolah dapat berdampak positif terhadap keminatan belajar siswa.
Kata kunci: Presepsi Siswa, Peregangan, Aktivitas Pembelajaran, Keminatan Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ayers, S. F., & Sariscsany, M. J. (2010). Physical Education for Lifelong Fitness: The Physical Best Teacher's Guide. Human Kinetics.
Flegal, K. E., & Grace, B. (2012). The effects of physical activity on academic achievement in elementary school children. Journal of Physical Activity and Health, 9(4), 497-504.
Grissom, J. B. (2005). Physical fitness and academic achievement. Journal of Exercise Physiology Online, 8(1), 11-25.
Ratey, J. J. (2008). Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain. Little, Brown and Company.
Trudeau, F., & Shephard, R. J. (2008). Physical education, school physical activity, school sports and academic performance. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 5(1), 10-15.
Nanda Putri&Eska Dwi Prajayanti. (2022). Pengaruh Stretching Exercise Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa di SDN 02 Jaten. SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat)
Ayers, S. F., & Sariscsany, M. J. (2010). Physical Education for Lifelong Fitness: The Physical Best Teacher's Guide. Human Kinetics.
Flegal, K. E., & Grace, B. (2012). The effects of physical activity on academic achievement in elementary school children. Journal of Physical Activity and Health, 9(4), 497-504.
Ratey, J. J. (2008). Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain. Little, Brown and Company.
Refbacks
- There are currently no refbacks.