Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bola Basket
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola basket melalui penerapan model Problem Based Learning. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa dan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian aspek pengetahuan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran PJOK berhasil meningkatkan hasil belajar permainan bola basket. Capaian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut: 1) pada aspek sikap, pada siklus 1 semua siswa mencapai kategori baik, dan pada siklus 2, kategori sangat baik diraih oleh 4 siswa sementara kategori baik dicapai oleh 26 siswa. Aspek sikap sudah mencapai tuntas pada siklus 1. 2) Pada aspek pengetahuan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 66,6% dengan nilai rata-rata 74,6, sedangkan pada siklus 2 mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 86,4. 3) Pada aspek keterampilan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 73,33% dengan nilai rata-rata 78,2 dan pada siklus 2 mencapai ketuntasan 86,6% dengan nilai rata2 82,7. Kesimpulannya, penerapan Model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar permainan bola basket pada pembelajaran PJOK, terlihat dari peningkatan pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: Problem Based Learning, Permainan bola basket, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Barrows, Howard. (1996). New Direction for Teaching and Learning “Problem- Based Learning in Medichine and Beyond; Abrief Overview”. University School of Medicine: Jossey Bass Publishers.
Barrows. (1996). Problem Based Learning Medicine Beyond. New Direction for Teaching and Learning . Jossey -Bass Publis.
Borg, W.R. & M. D. Gall. (1979). Educational Research an Introduction. New York United States of America: Longman Inc.
Dimyati dan Mudjiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Djamarah, S dan Aswan, Z., (2006) Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Hamalik, O., (2010), Proses Belajar Mengajar, PT.Bumi Aksara, Jakarta.
Hanafiah, N., (2009), Konsep Strategi Pembelajaran, Refika Aditama, Bandung.
Gagne & Biggs, J. 2008. Principles of Instructional Design, Second Edition. New York: Holt Rinehart and Winston.
Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang. UMM Press.
Kokasih, D. 2008. Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: CV Elwas Offset.
Kristiyanto, A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Maolani, R.A & Cahyani, U. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono, A. 2010. Permainan Bola Basket. Surakarta: UNS Press.
Nariman, N., & Chrispeels, J. (2016). PBL in the Era of Reform Standards: Challenges and Benefits Perceived by Teachers in One Elementary School. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1521
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press
Nurrochmah S, Supriyadi, Sudjana NI. 2009. Pengembangan Instrumen Tes Bola Bakset Bagi Pemula. Jakarta: Depbuti IPTEK Olahraga.
Oliver, S. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rahayu, ET. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Implementasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.
Saichudin & Munawar, S.A.R. 2019. Buku Ajar Bolabasket. Malang: Wineka Media.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.20961/smsp.v23i1.98551
Refbacks
- There are currently no refbacks.