Analisis Biomekanika Gerak Smash Atlet Bulutangkis Putra Umur 14 Tahun P.B Tugu Sakti

Novan Ilham Nurrahman

Abstract

Biomekanika adalah ilmu dasar-dasar mekanika dari aktifitas otot dan studi tentang prinsip-prinsip dan hubungan-hubungannya,penerapan dari hukum mekanika kepada struktur hidup,khususnya kepada sistem gerak dari badan manusia,studi tentang struktur dan fungsi dari sistem-sistem hayati dengan memakai metode mekanika. Tujuan : 1) untuk mengetahui analisis gerak pada cabang olahraga bulutangkis. 2) untuk mengetahui analisis biomekanika gerak smash pada cabang olahraga bulutangkis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei tes,Jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di gedung serbaguna kelutan Trenggalek. Sasaran penelitian ini adalah atlet dari P.B Tugu Sakti. Penentuan sasaran penelitian dilakukan dengan menggunakan pourposive sampling.Instumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen gerak smash bulutangkis,instrumen untuk dokumentasi yaitu dengan catatan pribadi yang digunakan oleh penelitian pada saat melakukan pendokumentasian mengenai analisis gerak smsh bulutangkis ditinjau dari biomekanika. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kategori sesuai. Sehingga teknik gerak smash bulutangkis bila ditinjau dari faktor biomekanika memerlukan kerjasama kordinasi antara kerja sendi,gerak yang terjadi, otot yang berperan. Kesimpulan penelitian adalah bahwa gerak smash bulutangkis dalam kategori sesuai.Saran dari penelitian ini sbagai berikut: 1) Bagi atlet, 2) Bagi para pelatih, 3) Bagi peneliti.

 

Kata kunci: Bulutangkis; Analisis Biomekanika; Smash Bulutangkis

Full Text:

PDF

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Chloriana, W. (2019). Penerapan Penilaian Acuan Norma (PAN) pada Pelajaran Seni Budaya/Musik di Kelas VII-G SMP Negeri 12 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Negeri Padang.

Diajukan kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan. (2015).

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.

Muhtadis, A. (2019). S k r i p s i.

Olahraga, P. K., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2012). DENGAN LATIHAN BERBEBAN TERHADAP HASIL PUKULAN SMASH PENUH PADA PEMAIN PUTRA.

SUPRIYANTO, N. A., & RASYID, A. (2018). Analisis Karakterisitik Permainan Bulutangkis Tunggal Putra Dan Tunggal Putri. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 167–171. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.11857

Suratman. (2003). KETEPATAN PUKULAN SMASH PENUH BULUTANGKIS Studi Eksperimen Di PB . Remaja Semarang Tahun 2003. Lembaran Ilmu Kependidikan, 39, 141–147.

Wismanadi, H. (n.d.). M. Abdul Rohim.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.