Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Atlet Futsal

Andray Kirana Putra, Boyke Mulyana, Pipit Pitriani

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dari hasil analisis peneliti pada cabang olahraga  futsal yaitu kelincahan dan kecepatan pada saat melakukan dribbling maupun pada saat transisi dari attack ke defens sehingga membuat penghambatan pada saat melakukan serangan yang seharusnya cepat menjadi lambat karena kurangnya kemampuan kelincahan pada atlet futsal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh peningkatan kelincahan atlet futsal terhadap latihan menggunakan alat ladder drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-test, post-test, control grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal/pre-test, kemudian diberikan treatment dengan model latihan Ladder drill. Sampel berjumlah 20 orang, kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen berjumlah 10 orang sedangkan kelompok control berjumlah 10 orang, dan tes akhir/post-test. Penelitian ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dalam seminggu 3 kali latihan, alat untuk mengukur penelitian ini adalah Tes Dribbling futsal Bobby Charlton. Untuk menganalisis data digunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan latihan Ladder drill terhadap kemampuan kelincahan atlet futsal”. Kesimpulan dari latar belakang ini adalah bahwa dengan menggunakan metode Latihan ladder drill dapat meningkatkan kelincahan atlet futsal.

Kata kunci: Futsal, Kelincahan, Ladder drill.

Full Text:

PDF

References

Ahyar, H., Sukma, D. J., & Andriani, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Dikdik, Z.S., Paulus, L.P., & Lucky A. (2019). Pelatihan kondisi fisik. PT remaja Rosdakarya Bandung: 103-106.

Endang, S. (2019). Pengaruh latihan footwork dan latihan shadow terhadap agility pada atlet putra persatuan bulutangkis illverd. Stamina, 2, 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78.

Fraenkel, J. (2012). How To Design and Evaluate Research in Education

Ginanjar, A. (2016). Test Validity and Reliability Dribbling Futsal. The International Seminar on Physical Education on Sport 2016. “Optimizing Sport Development in Asia: New Perspective Interdiciplinary of Sport Science” Pages, 118. Bandung: Program Studi Pendidikan Olahraga SPs UPI Bandung.

Komarudin. (2018). Life Kinetik dan Perporma Psikologis. PT Remaja Rosdakarya: 101-107.

Mashud, & Karnadi, M. (2015). Optimalisasi Kelincahan Pemain Futsal Pra PON Kalimantan Selatan Melalui Latihan Ladder Drill. Jurnal Multilateral Universitas Lampung Mangkurat, 14(1), 44–53.

Nia Lavenia. (2020). Sport, Pedagogik, Recreation and Technology Pengaruh Latihan Kelicahan terhadap kemampuan Menggiring Bola pada siswa. 2(1), 5-8.

Pesurnay, Paulus L. 2004. Latihan kondisi fisik. Jakarta: KONI Pusat

Rajendran, K. (2016). Effect of Ladder Training on Agility among College level Football Players. International Journal of Recent Research and Applied Studies. Volume 3, Issue 4 (23).

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitati, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiar, P. & Said, J. (2017). Pengaruh latihan ladder drill dan latihan abc run terhadap peningkatan kecepatan pemanjatan jalur speed atlet panjat tebing fpti kota magelang: Journal of Sport Sciences and Fitness, 3(4), 51-54.

Tsivkin, Troman. (2011). Tersedia pada http://www.sport-fitness-advisor.com. Diunduh tanggal 28 Oktober.

Yusuf, P. M., & Zainuddin, F. (2020). Survei Kondisi Fisik Kelincahan Pemain Futsal Undikma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 2019–2021. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.