Pengembangan Aplikasi Berbasis Smartphone sebagai Media Pembelajaran Teknik Dasar Penjaga Gawang dan Game Dalam Sepak Bola

Sapta Kunta Purnama, Rumi Iqbal Doewes, Islahhuzaman Nuryadin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran teknik dasar sepakbola berbasis android khususnya untuk tenik dasar penjaga gawang dan game dalam sepak bola.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pelaksanaan penelitian ini bekerja sama dengan melibatkan atlet Pembinaan Prestasi Sepak Bola Universitas Sebelas maret sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket yang kemudian disusun menjadi aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat android. Dari hasil Berdasarkan analisis data dan pembahasan, bahwa tingkat setuju atau tidak nya responden dalam menanggapi aplikasi yang di buat, responden rata rata menjawab sangat setuju dan setuju. Setelah diberikan video teknik dasar penjaga gawang dan game sampel lebih mudah dalam memahami teknik dasar penjaga gawang dan game yang benar hal ini di tunjukan dengan banyaknya presentase setuju jika model aplikasi tersebut dipergunakan untuk terobosan baru dalam pengajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan Aplikasi, Smartphone, Media Pembelajaran, Sepak Bola

 

Full Text:

PDF

References

Ariani, N. dan, & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Arifianto, T. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWIT. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. ., & Z., A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran (fifth). Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal Doewes, R. &, & Riyadi, S. (2019). Sepak Bola Pencapaian Kesuksesan (N. P. Budi Santoso (ed.); 1st ed., Vol. 1). UNS Press.

Nurseto. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.

Pramono. (2007). Aplikasi Component Display Theory Dalam Multimedia dan Web Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom-Depdiknas.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekatamsi. (2000). Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Surabaya: Tiga Serangkai.

Sudaryono dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Yonny, A. (2012). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.