Hubungan Kelenturan dan Keseimbangan Terhadap Keterampilan Gerakan Illution to Vertical Split Atlet Aerobic Gymnastic Riau

Muhammad Yusri, Ramadi -, Syahriadi -

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dan mengetahui lebih lanjut tentang hubungan kelenturan dan keseimbangan terhadap keterampilan gerakan  Illution To Vertical Split Atlet Aerobic Gymnastic Riau, Permasalahan yang di temukan pada penelitian ini yaitu saat atlet melakukan gerakan Illution To Vertical Split pelatih selalu mengomentari gerakan tersebut belum jadi atau masih ada pengurangan nilai bahkan tidak dinilai dikarenakan masih salah saat mengangkat kaki atau kurangnya keseimbangan saat kaki berada diatas, akibatnya atlet melakukan gerakan tersebut hanya sia – sia. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan  penelitian ini di lakukan di Hall senam Riau, Jl. Yossudarso rumbai, kemudian sampel yang dipakai adalah total sampling (sampel jenuh), dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: X1Y Memiliki hubungan yang sangat kuat antara hubungan kelenturan terhadap keterampilan gerakan Illution To Vertical Split, bahwa rhitung yang di dapatkan sebesar 0,89 > rtab 0,5760. X2Y terdapat hubungan yang kuat antara hubungan keseimbangan terhadap keterampilan gerakan Illution To Vertical Split, dimana rhitung yang didapatkan sebesar 0,76 > rtab 0,5760. Dan X1X2Y terdapat hubungan yang sedang antara kelenturan dan keseimbangan terhadap keterampilan gerakan Illution To Vertical Split dimana fhitung yang di dapatkan sebesar 17,11 > ftab 4,96.

 

Kata Kunci: Hubungan Kelenturan, Hubungan Keseimbangan , Keterampilan Gerakan Illution To Vertical Split

Full Text:

PDF

References

Arikunto s. 2006. “Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Budiarti, R. 2015. “Profil Komponen Fisik Cabang Senam Aerobic Gymnastics Kelompok Umur 10-12 Tahun.” Jurnal Olahraga Prestasi 11 (1): 101–8.

Citra resita. n.d. “Keterampilan Vertical Split (Hubungan Antara Kelentukan Dan Keseimbangan Dengan Keterampilan Vertical Split Pada Atlet Aerobic Gymnastics Klub Estafet Indonesia Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta) (Citra Resita).”

Fahrezz, Fachrezzy. 2001. Mengenal dan Memahami Sport Aerobics Jakarta: FIK UNJ , 2001.

H.Y.S. Santosa Giriwijoyo. 2013. “Ilmu Faal Olahraga. (Fisiologi Olahraga) Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan dan Prestasi. Bandung: Rosdakarya

sajoto, m. 1995. “No Title.” In Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondosi Fisik Dalam Olah Raga, 140. semarang: Semarang : Dahara Prize, 1990.

sugiyono. 2014. “No Title.” In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 334. bandung: alfabeta,cv.

Sukamti, endang rini. Ratna Budiarti, and Risti Nurfadhila. "Effect Of Physical Conditioning On Student Basic Skills Gymnastics." Jurnal Cakrawala Pendidikan 39.1 (2020): 207-216.

Sulistyowati, Endang Murti, Wawan Sundawan Suherman, Endang Rini Sukamti, Muhammad Imam Rahmatullah, and Dinan Mitsalina. 2022. “Specifics of Basic Biomotor Components for Rhythmic Gymnastics” 43.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.