Studi Pembinaan Cabang Olahraga Menembak Kota Surakarta Dalam Rangka Persiapan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Eva Faridah, Bambang Wijanarko, Singgih Hendarto, Pomo Warih Adi, Afa Shaumi N.M

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; (1) Keadaan organisasi cabang olahraga menembak Kota Surakarta, (2) Sumber Daya Manusia cabang olahraga menembak Kota Surakarta, (3) Sarana dan Prasarana cabang olahraga menembak Kota Surakarta, (4)  Pembinaan prestasi cabang olahraga menembak Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet cabang olahraga menembak Kota Surakarta. Pada penelitian ini dikaji tentang pembinaan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan prestasi cabang olahraga menembak Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik; (1) Observasi atau pengamatan, (2) Wawancara, dan (3) Analisis dokumen yang selanjutnya diolah, dengan memfokuskan penajaman makna yang terapkan dalam kata-kata. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Kesimpulan; (1) Keadaan organisasi yang terdapat dicabang olahraga menembak Kota Surakarta dikatakan baik, karena sudah berjalan dengan struktur organisasi yang sesuai dengan SK Cabang Olahraga dan sudah disesuaikan dengan AD/ART yang ada didalam organisasi, yang didalam AD/ART tersebut memuat aturan dan tata kelola organisasi, (2) Sumber daya manusia yang terdapat di cabang olahraga menemak Kota Surakarta merupakan merupakan atlet dan pelatih yang berkompeten, karena dalam melakukan seleksi sudah memenuhi kriteria dan syarat yang berlaku dicabang olahraga menembak Kota Surakarta, (3) Sarana dan prasarana yang terdapat di cabang olahraga menembak Kota Surakarta dikatakan baik, karena tempat latihan sudah dimiliki dari berbagai nomor layak, nyaman dan dapat mendukung program latihan, (4) Pembinaan prestasi pada cabang olahraga menembak Kota Surakarta sudah baik, karena pembinaan sudah dilakukan sesuai program dan dapat diketahui bahwa cabang menembak Kota Surakarta sudah banyak yang memperoleh medali dari berbagai event.

 

Kata Kunci: Menembak, Organisasi, Sarana dan Prasarana, Sumber Daya Manusia, Prestasi, Pembinaan Prestasi.

Full Text:

PDF

References

Adiska Rani D.C & Rumini. (2016). Pembinaan Prestasi di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. Universitas Negeri Semarang.

Agung Sunarno dan R. Syaiful D. Sihombing. (2011). Metode Penelitian Keolahragaan. Jl. Samudra Pasai No. 47 Kleco, Kadipuro Surakarta 57136: Yuma Pustaka.

Ahmad Jamalong. (2014). Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Secara Dini melalui Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM). Jurnal Pendidikan Olahraga. IKIP PGRI Pontianak.

Andarusni Alfansyur, Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah. Universitas Muhammadiyah, Mataram.

Bachtiar S. Bachri. (2010). Menyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Bella Shasi Saraswara, Ramadi, Arefvai. (2020). Sistem Peminaan Prestasi Atlet Cabang Olahraga Menembak Perbankin Provinsi Riau. Journal Of Sport Education. Universitas Riau.

Feri Kurniawan. (2011). Buku Pintar Olahraga Mens Sana In Corpore Sano. Jl. Gunung Sahari III/7 Jakarta 10610: Laskar Aksara.

Feri Kurniawan. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jl. Raya Munjul No 1 Munjul- Cipayung Jakarta Timur 13850: Laskar Aksara.

Gery Budiman. (2019). Pekan Olahraga Daerah (PORDA) sebagai Tolok Ukur Prestasi Atlit Provinsi Jawa Tengah Tahun 1995-2001. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ginanjar Atmasubrata, S.Pd. (2012). Serba Tahu Dunia Olahraga. Jl. Kupang Krajan 1/97 D Surabaya: Dafa Publishing.

Harsono, (2017). Perodesasi Peogram Latihan. Jln Ibu Inggit Garnasih No 40 Bandung 40252: PT Remaja Rosdakarya.

Harsuki, (2013). Pengantar Manajemen Olahraga. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Iis Marwan, Rahmat. A.A & Aang Rohayana. Pelatihan Pengelolaan manajemen event pertandingan olahraga untuk pengurus dan anggota KONI Kota Tasikmalaya. (2018). Jurnal Pengabdian Siliwangi. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Kevin Febiano. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Paralympic Cabang Olahraga Atletik Pada Persiapan Asean Paragames Ke 9 Tahun 2017 (Deskripsi Tentang Pembinaan dan Prestasi Cabang Olahraga Atletik NPC Indonesia). Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mia Kusumawati. (Januari, 2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes. Bandung: Alfabeta.

Muchamad Ishak, M.Pd. (2017). Manajemen Penyeleggaraan Pertandingan Bola Voli. Jl. Gegerkalong Hilir No 84 Bandung: Alfabeta Bandung.

Mushlih Arief. (2020). Study Tentang Manajemen Olahraga National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 – 2019. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Palmizal A, , Iwan Budi Setiawan. (2019). Manajemen Olahraga. Artikel. Universitas Jambi.

Sigid Kamseno, Bambang Sujiono, Tirti Apriyanto. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Menembak Air Rifle 10 Meter Dengan Berlatih Keseimbangan Pada Siswa Latihan Lanjutan Menembak (LLM). Jurnal Ilmiah Sport and Education. Universitas Negeri Jakarta.

Sika Buddin. (2020). Pemusatan Latihan Nasional Cabang Olahraga Para AtletikNPC Indonesia Untuk Menuju Asean Paragemes X di Filipina 2020 (Studi Pelaksanaan Manajemen SDM, Program Latihan, Sarana dan Prasarana). Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Untung Nugroho. (2015). Manajemen Keolahragaan Pemerintah dan Swasta. Surakarta: CV Sarnu Untung.

Waskito Budi Nugroho. 2016. Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pembinaan Sumber Daya Manusia Bidang Olahraga Prestasi (Studi Deskriptif Tentang Pembinaan Atlet, Pelatih, dan Pengurus Organisasi Olahraga di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.