Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis

Auliyani Fatma, Agus Sulastio, Aref Vai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan  pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi covid-19 di SMP/MTS Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru PJOK di SMP/MTS Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Bantan yang berjumlah 20 orang guru. Instrumen dalam penelitiaan ini berupa observasi, penyebaran angket/kuesioner kepada guru PJOK yang berisi 28 pernyataan yang terdiri dari 6 indikator dan dokumentasi. Kemudian pada teknik analis data penulis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Dan dari hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis terdapat pada rentang baik dengan persentase 57,85% dilihat dari hasil rekapitulasi jawaban responden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan alat-alat teknologi seperti handphone, laptop, internet dan lain-lain yang didalamnya terdapat berbagai macam aplikasi daring yaitu whatsapp, google classroom, dan google meet.

 

Kata Kunci: pembelajaran PJOK, pembelajaran daring, COVID-19

Full Text:

PDF

References

Anggara, Fawzan. 2021. “Evaluasi Tingkat Pembelajaran Pendidikan Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 1 (1): 37–45.

Darmawan, Yogi, and Mariska Febrianti. 2021. “Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa New Normal Di SMP Negeri 10 Seluma” 2 (November): 6–11.

Dyah, Agun Palupining. 2012. “Pelaksanaan Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Busana Wanita Kelas XI Busana 4 Di SMK N 4 Yogyakarta.” Skripsi.

Iswanto, Iswanto, and Dasrun Hidayat. 2020. “Perubahan Budaya Tatap Muka Menjadi Online Dalam Bimbingan Skripsi Mahasiswa.” LUGAS Jurnal Komunikasi 4 (2): 78–85. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1222.

Kurmalasari, Vefti. 2021. “Jasmani Olahraga Dan Kesehatan ( PJOK ) Pada Siswa Kelas Ix Dimasa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 5 Bangkalan Program Studi Pendidikan Olahraga Stkip Pgri Bangkalan.”

Nakayama, Minoru, Hiroh Yamamoto, and Rowena Santiago. 2006. “Investigating the Impact of Learner Characteristics on Blended Learning among Japanese Students.” Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL 2006-Janua (3): 361–70.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pratama, Rio Erwan, and Sri Mulyati. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1 (2): 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405.

Putra, Angga Narendra. 2020. “Implementasi Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Se-Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.” Skripsi, 1–85.

Rahmatullah, Muhammad Imam. 2019. “Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK Di SMA Kota Yogyakarta.” Journal Of Sport Education (JOPE) 1 (2): 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Rahmatullah, Muhammad Imam, Dinan Mitsalina, Endang Murti, Sri Ayu Wahyuti, and Elsya Desviyanti. 2021. “Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani THE APPLICATION OF SKIMMING AND SCANNING TECHNIQUE TO STRENGTHEN THE UNDERSTANDING OF SPORTS MANAGEMENT MATERIAL OF PHYSICAL” 5 (4).

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6 (2): 214–24. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka.

Yuanda, Wahyu. 2022. “ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTIES OF SPORT AND HEALTH PHYSICAL EDUCATION IN CLASS X ONLINE LEARNING PROCESS AT SMA NEGERI 1” 9: 1–11.

Zainur. 2018. “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Online Kepada Guru-Guru Penjas Se-Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 1 (2): 10–27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.