Kontribusi Konsentrasi dan Motor Ability terhadap Hasil Ketepatan Shooting pada Atlet Pembinaan Prestasi Petanque UNS Tahun 2020

Satria Yudi Gontara

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kontribusi konsentrasi terhadap hasil ketepatan shooting pada atlet pembinaan prestasi petanque UNS tahun 2020 (2) untuk mengetahui kontribusi motor ability terhadap hasil ketepatan shooting pada atlet pembinaan prestasi petanque UNS tahun 2020 (3) untuk mengetahui kontribusi konsentrasi dan motor ability terhadap hasil ketepatan shooting pada atlet pembinaan prestasi petanque UNS tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah Atlet PP Petanque UNS Tahun 2020. Sampel yang dipilih adalah 20 Atlet PP Petanque UNS Tahun 2020 berjenis kelamin laki-laki dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik Nelson Reaction Test untuk data konsentrasi, teknik motor ability test dengan 5 komponen kebutuhan fisik petanque untuk data motor ability, dan teknik shooting test untuk data hasil ketepatan shooting. Analisis data menggunakan Uji Korelasi dan Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsentrasi dan hasil ketepatan shooting dengan angka sig penelitian sebesar 0,033 < 0,05. Kedua, terdapat kontribusi yang signifikan antara motor ability dan hasil ketepatan shooting dengan angka sig penelitian sebesar 0,006 < 0,05. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsentrasi dan motor ability terhadap hasil ketepatan shooting dengan angka sig penelitian sebesar 0,033 < 0,05.

 

 

Kata kunci: Konsentrasi, Motor Ability, Hasil Ketepatan Shooting

Full Text:

PDF

References

Agustina, A.T., Priambodo, A. “Hubungan antara tingkat konsentrasi terhadap hasil ketepatan shooting olahraga petanque pada peserta UNESA Petanque Club”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 391-395.

Asnaldi, A. “ Kontribusi Motor Ability dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang”. Jurnal Menssana, Volume 4 Nomor 1, 2019

Hanief, Y.N., Purnomo, A.M.I., “Petanque: Apa saja faktor fisik penentu prestasinya?”. Jurnal Keolahragaan, 7 (2), 2019, 116-125.

Laksana, G.B., Pramono, H., Mukarromah, S.B. “Perspektif olahraga petanque dalam mendukung prestasi olahraga jawa tengah”. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 6 (1), 36-43, 2017.

Okilanda, A., dkk. “Sosialisasi Petanque Sebagai Olahraga Masa Kini”. Jurnal Bagimu Negeri , Volume 2 No.1 (2018) Hlm. 69-76.

Pelana, R. “Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Keseimbangan Statis Dengan Hasil Shooting Pada Atlet Klub Petanque”. Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, 2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.