Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Manshuralhudlori -, Singgih Hendarto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ketersediaan sarana dan prasarana PJOK, 2) manajemen sarana dan prasarana PJOK, dan 3) status kepemilikan sarana dan prasarana PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK dan Wakil Kepala sarana dan prasarana berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket,  dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai sarana dan prasarana olahraga dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021, diperoleh: 1) SMK Negeri se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 yang masuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 23,66%, sehingga belum siap dalam persiapan pembelajaran tatap muka di tahun 2022 pada mata pelajaran pendidikan jasmani, 2) manajemen sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 dapat dikategorikan baik yaitu sebesar 73,07%, dan 3) status kepemilikan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 dapat dikategorikan baik yaitu sebesar 68,63%. Simpulan pada penelitian survei sarana dan prasarana PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul yaitu: 1) terdapat 6 sekolah termasuk dalam kategori baik, 2) 4 sekolah termasuk dalam kategori sedang, 3) 3 sekolah termasuk dalam kategori kurang.

 

Kata kunci: Sarana, Prasarana, PJOK

Full Text:

PDF

References

A. Gima Sugiama. (2013). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Edisi Pertama, Bandung: Guardaya Intimarta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Jakarta.

Fitria, I. (2012). Studi Tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap Tahun 2012.Skripsi. Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta

Hadi, Sutrisno. (1991). Metodologi research. Yogyakarta: Andi Offset

Herman H & Riyadi, Ahmad. (2018) Survey Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMP/MTS Kab.Pangkep. Journal of pysical Education, Sport and Reaction. Volume 1 Nomor 2. Universitas Negeri Yogyakarta

Kridalaksana, Harimurti. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua.Jakarta: Balai Pustaka.

Lutan, Rusli. (2001). Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas. Pedoman penulisan Skripsi. (2020). Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret.

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: alfabeta

Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Soekatamsi. 1992. Sarana dan Prasarana Olahraga. Surakarta: UNS Press. Soekatamsi dan Srihati Waryati. 1996. Prasarana dan Sarana Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: alfabeta

Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Soekatamsi. 1992. Sarana dan Prasarana Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Soekatamsi dan Srihati Waryati. 1996. Prasarana dan Sarana Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sukintaka. (2001).

Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika. Suryobroto, Agus S. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Wirjansantoso, Ratal. (1984). Supervisi Olahraga Pendidikan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.