Peran Guru Penjas Dalam Menanggulagi Dampak Pembelajaran Daring

Fadilah Umar, Hendriq Joko Prasetyo, Mohammad Furqon Hidayatullah, Islahuzzaman Nuryadin, Haris Nugroho, Ulfa Fatahara Laras Fadian, Ria Apriadi, Margaretha -, Dhenaldo Ahnaf, Muhammad Rafli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perlakukan pemberian stretching pada saat aktivitas yang dijalankan melalui daring. Metode penelitian yang dilakukan dengan malalui survey kepada responden. Responden penelitian adalah guru-guru penjas SMA/MA di Kota Surakarta sebanyak 50 orang. Survey dilakukan dengan melalui angket yang dibagikan dengan google form. Hasil jawaban survey dianalisis dengan tingkat prosentase jawaban responden terhadap point permasalahan. Hasil penelititain diperoleh (1) Dampak yang dirasakan saat pelaksanaan aktivitas yang dilakukan melalui daring responden menyatakan terjadi bahu dan leher kaku sebesar 2%, kapala dan otot kaku 2%, penat 2%, sakit penggang 17%, pusing 25%, mata panas/Lelah dan berair 29%, dan sisanya merasakan semuanya 44%. (2) Pengaruh yang dirasakan dengan pemberian stretching disela-sela aktivitas yang dilakukan secara daring, responden menyatakan badan terasa lebih segar 33%, peredaran terasa lebih darah lancer 15%, lebih bersemangat 15%, semua merasakan badan lebih segar, peredaran darah lancer, dan lebih bersemangat 67%, dan tidak merasakan perbedaan 2%. (3) Motivasi guru untuk menularkan cara stretching dalam mengurangi dampak negative aktivitas daring kepada siswa, guru mata pelajaran lain, dan tenaga kependidikan di sekolahnya adalah 52% menyatakan sangat mau, mau 29 % mau, ragu-ragu 8%, tidak mau 6%, sangat tidak mau 4%. Kesimpulan penelitian adalah bahwa (1) Dampak negative aktivitas yang dilakukan dengan daring menimbulkan gejala-gejala seperti bahu dan leher kaku, kepala dan otot kaku, penat, sakit pinggang, dan mata panas dan berair. (2) Pemberian stretching disela-sela saat aktivitas dilakukan dengan daring memberikan pengaruh badan terasa segar, peredaran darah terasa lebih lancar, dan lebih bersemangat. (3) Guru-guru penjas memiliki mortivasi dan kemauan tinggi untuk menularkan cara stretching dalam mengurangi dampak negative aktivitas daring kepada siswa, guru mata pelajaran lain, dan tenaga kependidikan di sekolahnya.

 

Kata kunci: Stretching, Pembelajaran, Preventif Pembelajaran Daring

 

Full Text:

PDF

References

White, L. (2018, June 4). Retrieved from Take Time to Stretch: Importance of Workplace Streching: https://www.onsitesafety.com/safety-articles/benefits-workplace-stretching/

Walker, B. (2011). The anatomy of stretching.

Anderson, B. (2000). Stretching. Bolinas, California: Shelter Publications, Inc.

Waehner, P. (2020, April 3). Retrieved from 10 Best Stretches for Office Workers: Simple Exercises You Can Do Sitting or Standing at Your Desk: https://www.verywellfit.com/best-stretches-for-office-workers-1231153

Johnson, E. (2014, February 20). Retrieved from Stretching at work: http://www.optimalperformanceclinic.ca/stretching-at-work/

WHO. (2020). Retrieved from #HealthyAtHome - Physical activity: https://www.who.int/news-room/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome---physical-activity

Mulyadi, E. (2017, September 6). Retrieved from Seharian Kerja di Depan Komputer? Awas, Beragam Penyakit Ini Mengintai Kesehatan Tubuh: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/leher-pegal-mata-lelah-menatap-layar-komputer/

Herdyanto, A. (2020). idntimes.com. Retrieved from 8 Bahaya Kesehatan Berada di Depan Komputer Terlalu Lama, Waspadai ya: https://www.idntimes.com/health/fitness/abraham-herdyanto/bahaya-kesehatan-terlalu-lama-di-depan-komputer/8

Alter, M. J. (1996). 300 Teknik Peregangan Olahraga. Terjemahan Jamal Khabib. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sieber, T. (2013, July 3). 5 Reasons Working With Computers Is Bad For You & How to Stay Healthy,. Retrieved from https://www.makeuseof.com/tag/5-reasons-working-with-computers-is-bad-for-you-how-to-stay-healthy/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.