Pengaruh Metode Latihan Standing Calf Raises Terhadap Tinggi Lompat Open Spike Bola Voli

Aba Sandi prayoga, Priagung -, Kuncoro Darumoyo, Andriyansyah -

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode Standing Calf Raises terhadap kemampuan melompat pada pemain bolavoli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dasar penggunaan metode ini adalah kegiatan percobaan yang diawali dengan tes pada awal perlakuan, memberikan perlakuan kepada subjek dan diakhiri dengan tes pada akhir perlakuan. Penelitian ini menggunakan populasi sebagai subjek dalam penelitian ini yang tergabung dalam club berjumlah 35 orang seluruhnya adalah pemain volly. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan pengukuran. Untuk mengukur kemampuan lompatan vertikal, dengan tes vertical jump. Hasil analisis Dari output dapat kita lihat bahwa Sig (2 tailed) = 0.000. Hal itu berarti bahwa probabilitas kurang dari 0.05 yang berarti juga bahwa Ho ditolak yang  berarti ada pengaruh Standing Calf Raises terhadap hasil vertical jump.Pengaruh latihan menggunakan Standing Calf Raises Terhadap Hasil Vertical jump Pada Pemain Bola volly Bojonegoro  dapat dipaparkan lebih lanjut secara rinci sebagai berikut Pada diatas terlihat grafik naik yang berarti adanya peningkatan yang terjadi. Sebelum mendapat perlakuan penggunaan Standing Calf Raises kemampuan pemain di test awal berjumlah nilai sebesar 2465 dari total 35 pemain  yang mengikuti test. Kemudian setelah diberikan pelatihan menggunakan Standing Calf Raises, hasil test menunjukkuan adanya peningkatan sebesar 325 point dengan total nilai berjumlah 2790 dari 35 pemain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Standing Calf Raises memiliki pengaruh terhadap hasil power jump pada Pemain voli Bojonegoro, Standing Calf Raises dapat meningkatkan power jump pada Pemain voli Bojonegoro secara signifikan.

Kata Kunci : Metode latihan, standing calf raises, tinggi lompat, open spike

Full Text:

PDF

References

A.Hamidsyah Noer. 1993. Materi Pokok Kepelatihan Dasar. Jakarta : Depdikbud RI Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Ahmadi, N. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Era Pustaka Utama

Barbara L.V. & Bonnie J.F. 1996.Bola voli Tingkat Pemula. Alih Bahasa.Monti. Jakarta: Raja Grafindo

Bompa, Tudor O. &Haff, G. Gregory. 2009. Periodization: Theory and Methodology of Training. USA. Human Kinetics

Bompa Tudor.O, 1983. Theori and methodologi of Training. The Key to Atletics Performance Dubugue, lowa : Kendall Hunt. Publishing Company.

Bompa Tudor. O and Haff G. Gregory,2009. Theory and Methodology of Training. The Key to Athletic Performance. Kendall/Hunt Publishing Company.

Brown Lee E, 2007. Strength Training. United States of Amerika : United Graphics.

Derek Boosey. 1980. Conditioning And Technical Training. Australia : Champion Press.

FIVB Coaches Manual (2011).Federation International Volleball: Journal of coaching. TM

Furqon, M. 1995. Teori Umum Latihan. Surakarta: UNS Press

Harsono. 1998. Choaching dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Choaching. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi PPLTK.

Harsono. 2001. Latihan Kondisi Fisik: Panduan Pelatihan Untuk Pelatih Tingkat Muda.

Lutan Rusli. 2000. Pendidikan Kesehatan. Dirjen Pendas dan Menengah: Depdiknas

Ma’mun, amung dan Subroto, toto. 2001. Pendekatan Ketrampilan Taktis Dalam Permainan Bolavoli Konsep Dan Metode Pembelajaran. Jakarta: direktorat jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Bekerjasama Dengan Direktorat Jendral Olahraga.

M Furqon H,1996. Latihan Berbeban Untuk Meningkatkan Kekuatan, Power, Daya Tahan, Kelenturan, Pembentukan Dan Kesegaran Tubuh. Surakarta : JPOK FKIP UNS.

M Sajoto. 1988. Perkembangan dan Penbinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti. P2LPTK

______. 1995. Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Effhar & Dahara Prize Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.