Survei Tingkat Keterampilan Pukulan Groundstroke pada Mahasiswa UKM Tenis Lapangan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fathurrahman Fathurrahman, Nurhidayat Nurhidayat, Vera Septi Sistiasih

Abstract

Permainan tenis lapangan memiliki beberapa jenis pukulan yang dapat dipelajari  dan perlu dikuasai agar dapat bermain tenis dengan baik dan benar. Salah satu jenis pukulan dalam permainan tenis lapangan yaitu groundstroke. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keterampilan pukulan groundstroke pada mahasiswa UKM Tenis Lapangan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran dengan instrumen tes hewitt. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis deskriptif frekuensi data penelitian pukulan groundstroke menunjukkan bahwa tingkat keterampilan pukulan groundstroke forehand; 1 orang dalam kategori sangat tinggi (5%), 7 orang dalam kategori tinggi (35%), 5 orang dalam kategori sedang (25%),  5 orang dalam kategori rendah (25%), dan 2 orang dalam kategori sangat rendah (10%). Adapun untuk tingkat keterampilan pukulan groundstroke backhand; 2 orang dalam kategori sangat tinggi (10%), 4 orang dalam kategori tinggi (20%), 7 orang dalam kategori sedang (35%),  5 orang dalam kategori rendah (25%), dan 2 orang dalam  kategori sangat rendah (10%).

 

Kata kunci: Keterampilan, Pukulan Groundstroke, Tenis Lapangan.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Bakhtiar, S., & Ballard, R. J. (2015). Teori action method, strength condition dan Penerapannya dalam Pembinaan prestasi tenis.

Devi, R. C. (2016). Tingkat Keterampilan Pukulan Forehand dan Backhand Groundstroke Tenis Lapangan Siswa Sekolah Bantul Tenis Camp DIY. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(4).

Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodologi (Kedua). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, I., Indrawira, H., Maslikah, U., Jariono, G., & Nugroho, H. (2021). Pelatihan dan Penyusunan Latihan Fisik Pada Anggota Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD). ALTIFANI, 1.

Ngatman, & Andriyani, F. D. (2016). Uji Validitas, Reliabilitas, dan Relevansi “Kemp Vincent Rally Tennis Test” Terhadap Tingkat Keterampilan Bermain Tenis Bagi Mahasiswa FIK UNY. Yogyakarta.

Ngatman, N., & Sulistyatna, E. (2017). Tingkat Kemampuan Forehand Groundstroke dan Backhand Groundstroke Siswa Sekolah Tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 1–9.

Nurhidayat. (2012). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Menggunakan Sarana Standar dan Modifikasi Serta Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Groundstroke Backhand Tenis Lapangan pada Mahasiswa Putra PENKEPOR Angkatan 2010 JPOK FKIP UNS Tahun 2012.

Nurhidayat, Indarto, P., & Sistiasih, V. S. (2020). Pembelajaran Tenis Lapangan (1st ed.). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Nurkamila, M. (2015). Dampak Penerapan Latihan Tabata Terhadap Peningkatan Kemampuan Kecepatan (Speed). Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (11th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sepdanius, E., Rifki, M. S., & Komaini, A. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.