PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF LEMPAR TANGKAP DAN PUKUL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TURI 2 KEC. PANEKAN KAB. MAGETAN TAHUN 2019/2020

Priyanto -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul pada peserta didik kelas V SD Negeri Turi 2 kec.  Panekan kab.  Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan.  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Turi 2 kec.  Panekan kab.  Magetan Jawa timur yang berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 19 peserta didik putri.  Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti.  Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip.  Validitas data menggunakan teknik triangulasi data.  Analisis data  menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.   Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul peserta didik pada siklus I dari 34 peserta didik mencapai 67,6% atau sebanyak 23 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada siklus II meningkat 82,3% atau sebanyak 28 peserta didik sedangkan 6 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.  Hasil data penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul pada peserta didik kelas V SD Negeri Turi 2 kec.  Panekan kab.  Magetan Jawa timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci:  Hasil Belajar, Gerak Dasar Manipulatif Lempar Tangkap dan  Pukul, Model Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References

Agus Kristiyanto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Agus Suprijono. (2016). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Annurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran.Bandung : CV. ALFABETA.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Eggen,P. & Kauchak,D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran.Jakarta : PT Undeks.

Huda,M. (2015). Model –Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jihad,A. dan Haris,A. (2013). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kristiyanto,A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga.Surakarta : UNS Press.

Kurniasih,I. & Sani,B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Jakarta : Kata Pena.

Lidinillah,D.A.M. (2013). Pembelajaran Inovatif Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Bandung : UPI

Mariyaningsih,N. & Hidayati,M. (2018). Bukan Kelas Biasa.Surakarta : CV. Kekata Group.

Minarsih,T., Hadi,A., & Hanjaeli. (2010). Asyiknya Berolahraga 5 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Rekreasi.Surabaya : PT Jepe Press Media Utama.

Rosdani,D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Bandung : ALFABETA.

Shoimin,A. (2014). 69 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Solihin,A.O & Hadziq,K. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V.Bandung : CV. Mutiara Ilmu

Sudjana,H. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Remaja Resdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : CV. ALFABETA.

Sukrisno, Aminarni, Suwarjo, Sunarni, S. Masri’an & Asy’ari. (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV.Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Sutikno,S. (2013). Belajar dan Pembelajaran.Lombok : Holistika LombokWiarto,G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani.Yogyakarta : Laksitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.