UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR (JALAN, LARI DAN LOMPAT) MELALUI MODEL PENDEKATAN BERMAIN

Muhammad Ishaq Gery, Muhammad Aspar

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar gerak dasar  siswa melalui model pendekatan bermain ditinjau dari gerak dasar (jalan lari dan lompat) bagi siswa kelas III SD Lab School FIP UMJ. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran dengan model pendekatan bermain pada pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan (Action Research).Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Lab School FIP UMJ, yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil kepada siswa, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran gerak dasar(jalan,lari dan lompat) 61,59 atau 61%. siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya rata-rata 75.09 atau 75% siswa tuntas karena sudah mencapai bahkan sudah melebihi standar Ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar,Model Pendekatan Bermain, Gerak Dasar (Jalan,Lari Dan Lompat)

Full Text:

PDF

References

Robert H. Gagne, The Conditions of Learning (United States of America: Holt Rinehart and Winston, 1997)

Robert H. Singer dan Dick Walter, Teaching Physical Education (Boston: Houghton Miffin Company, 1980)

Abdulkadir Ateng, Pendidikan Jasmani di Indonesia (Jakarta: Guna Prakasa Jati, 1993)

Nyak Amir, 2006., Pembelajaran Pendidikan Jasmani Konsep Dan Praktek (Banda Aceh: Unsyiah Press.)

Samsudin, Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Jakarta: PPS UNJ 2011)

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.