Tingkat Keterampilan Sepak Mula pada Peserta Ektrakurikuler Sepak Takraw MTs Progresif Darunnajah

Eriec Cahya Suprobo, Muhammad Soleh Fudin

Abstract

Sepak takraw sebagai permainan beregu, maka kemenangan satu regu ditentukan oleh banyak faktor, dua faktor diantaranya adalah: 1) penguasaan teknik bermain sepaktakraw secara individu, dan 2) kerjasama tim yang baik. Penguasaan keterampilan sepak takraw tidak dapat lepas dari penguasaan teknik dasar permainan sepak takraw, salah satunya adalah teknik sepakan. Dalam permainan sepak takraw untuk memenangkan pertandingan salah satu kunci utama adalah sepak mula. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di ektrakurikuler sepak takraw MTs Progresif Darunnajah belum ada data terkait tingkat keterampilan bermain sepak takraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan sepak mula pada peserta ektrakurikuler di MTs Progresif Darunnajah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan informasi yang ada sesuai dengan variabel yang diteliti. Sedangkan sampel penelitian mengambil seluruh populasi yang ada yaitu sejumlah 19 peserta ekstrakurikuler dengan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan panduan pelaksanan tes ketrampilan sepak mula. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Analisis data awal menggunakan statistik sederhana untuk mengetahui nilai rata-rata dan standar deviasi sebagai bahan untuk menentukan pengkategorian. Pengkategorian menggunakan 5 kategori dan untuk menentukan kriteria skor menggunakan penilaian acuan norma (PAN). Setelah dikategorikan dilanjutkan dengan analisis data persentase. Hasil penelitian ini bahwa tingkat keterampilan sepak mula pada peserta ektrakurikuler sepak takraw di MTs Progresif Darunnajah dengan kategori sangat baik terdapat 1 peserta didik dengan 5%, kategori baik terdapat 5 peserta didik dengan 26%, kategori cukup terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori kurang terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%.

 

Kata kunci: Keterampilan, Sepak Mula, Ekstrakurikuler, Sepak Takraw

Full Text:

PDF

References

Anwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).

Kemendikbud RI. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013: Imlementasi Kurikulum. JDIH Kemendikbud.

Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. JDIH Kemendikbud.

Maulana, R., & Nurudin, A. A. (2018). Pengaruh Metode Latihan Servis Sepaktakraw Terhadap Keterampilan Sepakmula Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw SMPN 5 Kota Sukabumi Tahun 2018. Repository of UMMI.

Ramadhan, A., & Bulqini, A. (2018). Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw POMDA Jatim 2017. Journal of Sport and Exercise Science, 1(1), 13–19.

Sudarno. (2016). Tingkat Keterampilan Bermain Sepak Takraw Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SD Kradenan Kabupaten Kebumen Tahun 2015/2016. Eprints.uny.ac.id.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. In Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sunggono. (2008). Sepak Takraw. Jakarta: Ganesa Exact.

Susana, A., & Wibowo, S. (2013). Penggunaan Media Pelatihan Bola Modifikasi Terhadap Hasil Prestasi Sepak Sila Pada Ekstrakurikuler Sepak Takraw. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).

Winarno, M. E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.