PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK 60 METER PADA SISWA KELAS VII A MTS NEGERI 5 KARANGANYAR

Catur priambodo

Abstract

Penelitian   ini      merupakan   Penelitian   Tindakan   Kelas   (PTK),   dilakukan dalam  satu  siklus  dan  terdiri  dari  2  kali  pertemuan.  Subjek  dalam  penelitian  ini adalah  siswa  kelass  VII  A  MTs Negeri 5 Karanganyar  yang  berjumlah  32  siswa yang   terdiri   dari 15siswalaki-laki   dan 17   siswa   perempuan.   Sumber   data penelitian   ini   berasal   dari   siswa,   peneliti   dan   guru.   Teknik   pengumpulan   data adalah   dengan  observasi,  wawancara,  penilaian  dan  dokumentasi.  Validitas  data menggunakan   teknik   triangulasi   data.   Analisis   data   menggunakan   teknik   analisis deskriptif  kualitatif  dengan  teknik  persentase  untuk  melihat  kecenderungan    yang terjadi  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Aspek  yang  dinilai  dalam  pembelajaran  ada 3  dengan  masing-masing  target:  aspek  koognitif  80%,  aspek  psikomotor  80%  dan aspek afektif  100%. Berdasarkan  hasil  analisis  data  yang  diperoleh  sebagai  berikut:  pada  pra siklus  aspek  koognitif  siswa  yang  tuntas  hanya  20  siswa  atau  62,50%  sedangkan pada  aspek  psikomotor  yang  tuntas  hanya  18  siswa  atau  56,25%.  Pada  siklus  1 aspek  koognitif  yang  tuntas  adalah  27  siswa  atau  84,37%,    aspek  psikomotor  26 siswa   atau   81,25%   dan   aspek   afektif  sejumlah  32  siswa  atau  100%  tuntas  . Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative  LearningTipe Teams  Games  Tournament (TGT)dapat  meningkatan hasi  belajar  lari  jarak  pendek  pada  siswa  kelas  VII  A  MTs Negeri 5 Karanganyar Tahun  Ajaran  2019/2020.

Kata kunci:  Hasil  Belajar,  lari  jarak pendek, Cooperative LearningTipe Teams Games Tournament.

Full Text:

PDF

References

Agus Kristiyanto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Agus Suprijono. (2016). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dikdik Zafar Sisik. (2010). Mengajar Dan Melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: P.T Rineka Cipta

Dini Rosdiani. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Eddy Purnomo dan Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M.Saputra, Yudha, (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Atletik. Jakarta: Kemenpora RI

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Ridwan, Iwan dan Ikman Sulaeman. (2008). Seri Pendidikan Jasmani & Olahraga Atletik. Surakarta: Widya Duta Grafika

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta: Kencana

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group

Sitiatava, Rizema Putra. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press

Slavin, Robert E. (2011). Cooperative LearningTeori, Riset danPraktik. Bandung: Nusa Media

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: PanitiaSertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS

Sukirno. (2010). Belajar dan Berlatih Atletik Meraih Prestasi Melalui Atletik. Depok: Arya Duta

Suparno&Suwandi.(2008).PenjasOrkes. Jakarta:PTBumiAksaraSuyono & Haryianto. (2014). Belajar dan Pengajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Suyono dan Haryanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.