SURVEY STUDY: ANALISIS KOMPETENSI PELATIH KEBUGARAN FITNESS CENTER DI WILAYAH JAKARTA SELATAN

Miftah Fariz, Mahendra Wahyu Dewangga

Abstract

Pelatih kebugaran merupakan salah satu profesi yang termasuk sangat penting dalam bidang olahraga. Rajin berolahraga sudah terbukti membuat badan tetap segar, fit dan sehat, bagi orang-orang sibuk, berolahraga menjadi bagian penting dalam rutinitas harian. Oleh karena itu kebanyakan tempat fitness atau gym menjadi kebutuhan, saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berolahraga, tetapi masalahnya dilingkungan perkotaan sangat kurang dijumpai sarana olahraga umum. Pada tempat gym atau fitness terdapat pelatih kebugaran untuk memberikan instruksi dan program latihan kepada para klien atau peserta latih. Menjadi seorang pelatih kebugaran juga tidak boleh asal dengan pengetahuan minim. Karena kurangnya pengetahuan seorang pelatih kebugaran dapat berakibat fatal dan sangat merugikan.

          Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah pelatih kebugaran yang ada di wilayah Jakarta Selatan, teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan melalui google form, pemberian nilai jawaban dalam settiap pernyataan berdasarakan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pelatih kebugaran fitness center di wilayah Jakarta Selatan, berada pada kategori sangat baik atau sangat layak dengan rata-rata skor 80,26, serta tidak ada seorang pun pelatih kebugaran yang mendapatkan skor di kategori kurang baik.

 

Kata kunci: Pelatih, Kebugaran, Fitness, Jakarta Selatan

Full Text:

PDF

References

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum Dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey Sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal., 2(4), 697–709.

Aristoteles. (2018). Pengaruh Latihan Fisik Aerobik Terhadap Kadar High Density Lipoprotein (Hdl. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(2), 153–162.

Hartanto, E. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Bisnis Jasa Kebugaran Pada Artharaga Fitness Center. Agora, 1(3), 1554–1566.

Hidayat, F. (2016). Pengaruh Latiha Beban Dengan Menggunakan Alat Mekanis Dan Non Mekanis Terhadap Kekuatan Otot Dada Mahasiswa Fik Unesa Surabaya Fery. Jurnal Kesehatan Olahraga, 06(2), 472–483.

Kristi, P. D., & Nasrullah, A. (2014). Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Latihan Beban Di Fitness Center Gor Fik Uny. Medikora.

Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik (Ebm), 3(1), 316–321. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Ebiomedik/Article/View/7127/6638

Suharjana. (2013). Analisis Program Kebugaran Jasmani Pada Pusat-Pusat Kebugaran Jasmani Di Yogyakarta. Medikora, Xi(2), 135–149.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.