PENGGUNAAN MEDIA MEJA BELAJAR SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA SDN PENGKOL 1 KECAMATAN MANTINGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sigit Prasetyo, Aba Sandi Prayoga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dengan menggunakan media meja belajar sekolah pada siswa  kelas IV SDN Pengkol 1 Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pengkol 1 Kecamatan mantingan yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa putri dan 8 siswa putra. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media meja belajar dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dari Dari daftar  antar siklus menunjukkan hasil peningkatan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran renang gaya dada. Dari tabel siklus di atas dikatahui bahwasannya siswa – siswi di SDN Pengkol 1 yang berjumlah 20 siswa pada pra siklus di atas  adalah sebesar 20 %, siklus I 60 %, siklus II 90 %.berdasarkan data presentase tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  pada tiap siklus. Peningkatan presentase dari pra siklus ke siklus I adalah 40 %.sedangkan dari siklus I ke siklus II adalah 30 %.

Pencapaian presentase yang paling banyak pada siklus II yaitu 90 %. Dengan demikian pelaksanaan tindakan melalui penggunaan media meja belajar sekolah dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pengkol 1Kecamatan Mantingan.

Kata Kunci :Media meja belajar sekolah, hasil belajar ,renang gaya dada

Full Text:

PDF

References

Sagala, syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Suharno.(1984). Dasar-dasar Permainan Bola Volley. Yogyakarta: Gajahmada Unversity Press.

Barbara L, Vierra. (1996). Bola Volly Tingkat Pemula. Jakatra: Raja Grafindo Persada.

M. Yunus. (1992). Bolavoli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo, Era Pustaka Utama.

Basri, A. F. M., dan Rivai, V.2005. Performance appraisal. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Beutelstahl. (1989).Belajar Bermain Volly. Bandung : Pionir Jaya Irianto, D.P. 2007. Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta : Andi

Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogykarta: Laksitas

Roji dan Eva Yulianti( 2009). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, KemFOdikbud

Bompa, T. (1999). Periodized Training For Sport. United Stated: Human Kinetics

Eddy Purnomo. 2007. Gerak Dasar Atletik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.