PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN RINTANGAN TALI DAN SASARAN TEMBOK TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI KELAS VII SMP N 1 SIMO BOYOLALI TAHUN 2017

Rizky Indah Permatasari, Tri Aprilijanto Utomo

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui:  (1)  Perbedaan    pengaruh pembelajaran  menggunakan  rintangan  tali  dan  sasaran  tembok  terhadap  keterampilan passing  bawah  bolavoli  pada  ekstrakurikuler  Bolavoli  Kelas  VII  SMP  Negeri  1  Simo Tahun  2017;  (2)  Pembelajaran  yang  baik  pengaruhnya  antara  pembelajaran menggunakan  rintangan  tali  pengaruhnya  dan  pembelajaran  menggunakan  sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli  Kelas  VII  SMP  Negeri  1  Simo  Tahun  2017. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian  kuantitatif  eksperimen.  Subjek  yang  digunakan  dalam    penelitian  ini  adalah siswa  Extrakurikuler  Bolavoli  Kelas  VII  SMP  N  1  Simo  tahun  2017.  Jumlah  siswa adalah  20  siswa,  20  subjek  dijadikan  sampel  penelitian.  Data  yang  dikumpulkan  pada penelitian  ini  berupa  data  keterampilan  passing  bawah  bolavoli.  Tes  dan  Pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan  data  adalah  dengan  melakukan tes  keterampilan (Tes Petak Sasaran). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedan (uji-t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas  dan  uji  homogenitas.  Setelah  melakukan  penelitian,  diperoleh  hasil  sebagai berikut: (1) ada pengaruh pembelajaran menggunakan rintangan tali dan sasaran tembok terhadap  keterampilan  passing bawah Bolavoli  peserta Ekstrakurikuler Bolavoli   Kelas VII  SMP  Negeri  1  Simo  Tahun  2017,  dengan  thitung  =  2,739  >  ttabel  =  2,262;  (2) pembelajaran  menggunakan  sasaran  tembok  lebih  baik  pengaruhnya  daripada pembelajaran  menggunakan  rintangan  tali  terhadap  keterampilan  passing  bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli  Kelas  VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan pembelajaran Rintangan Tali) memiliki  peningkatan  40,81%  leih  kecil  daripada  kelompok  2  (kelompok  yang mendapat  perlakuan  dengan  Sasaran  Tembok)  yaitu  62%. Berdasarkan  hasil  penelitian dapat  disimpulkan  sebagai  berikut:  (1)  ada  pengaruh  pembelajaran  menggunakan rintangan tali dan sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017, dengan thitung = 2,739  >  ttabel  =  2,262;  (2)  pembelajaran  menggunakan  sasaran  tembok  lebih  baik pengaruhnya daripada pembelajaran menggunakan rintangan tali terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun  2017.  Kelompok  1  (kelompok  yang  mendapat  perlakuan  dengan  pembelajaran Rintangan  Tali)  memiliki  peningkatan  40,81%  leih  kecil  daripada  kelompok  2 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Sasaran Tembok) yaitu 62%.

Kata Kunci: Bolavoli, Rintangan Tali, Sasaran Tembok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.