PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRILL MENGUNAKAN LADDER DENGAN CONE TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN 2017

Mustafa Ali Khoriri, Fadilah Umar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pengaruh latihan Drill menggunakan Ladder dan Cone terhadap peningkatan kelincahan siswa ekstrkurikuler futsal SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2017. (2) Latihan yang lebih efektif dan efisien antara latihan Drill menggunakan Ladder dan Cone terhadap peningkatan kelincahan siswa ekstrakurikuler futsal SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek yang digunakan dalam  penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler futsal SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun 2017. Jumlah siswa adalah 20 siswa. Keseluruhan subjek dijadikan sampel penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kelincahan. Tes dan Pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan melakukan tes Dogging Run. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedan (uji-t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan drill menggunakan ladder dengan cone terhadap kelincahan pada siswa ekstrakurikuler SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2017 dengan thitung = 8.1413 > ttabel = 1.8595 ; (2) latihan drill menggunakan ladder lebih baik dan efektif pengaruhnya dibandingkan dengan latihan drill menggunakan cone terhadap kelincahan pada siswa ekstrakurikuler SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2017, dengan peningkatan menggunakan Ladder = 10.47% > latihan menggunakan cone = 8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh latihan drill menggunakan Ladder dengan cone terhadap kelincahan pada siswa ekstrakurikuler SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2017; (2) latihan drill menggunakan Ladder lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan latihan drill menggunakan cone terhadap kelincahan pada siswa ekstrakurikuler SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2017.

 

Kata Kunci: Futsal, latihan drill menggunakan Ladder, latihan drill menggunakan Cone, Kelincahan.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dangsina Moeloek dan Arjadino Tjokro. (1984). Kesehatan dan Olahraga. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

FKIP UNS. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: FKIP UNS.

Hidayatullah, M. F. (1995). Teori Umum Latihan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Irianto, D. P. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: FIK. UNY.

Irianto, Djoko Pekik. (2004). Panduan latihan kebugaran (yang efektif dan aman). Yogyakarta: Lukman Offset.

Irianto, Djoko Pekik. (2009). Panduan latihan kebugaran (yang efektif dan aman). Yogyakarta: Lukman Offset.

Ismayarti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Lhaksana, Justinus. (2012). Futsal Modern. Depok : Be Champion.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Mulyono. (2010). Tes & Pengukuran Pendidikan Jasmani Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Mulyono, Muhammad Asriady. (2014) Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta : Laskar Askara.

Sadoso Sumosardjuno. (1990). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : Dahara Priza.

Soekarman, R. (1991). Energi dan Sistem Energi Predominan Pada Olahraga.

Jakarta: KONI Pusat.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. (1995). Metodologi Penelitian. UNS Press. Surakarta.

Suhendro, A. (2003). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta:

FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumosardjuno, S. (1990). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tenang, John D. (2008). Jurus Pintar Maen Bola. Bandung : Mizan Media Utama.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dangsina Moeloek dan Arjadino Tjokro. (1984). Kesehatan dan Olahraga. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

FKIP UNS. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: FKIP UNS.

Hidayatullah, M. F. (1995). Teori Umum Latihan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Irianto, D. P. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: FIK. UNY.

Irianto, Djoko Pekik. (2004). Panduan latihan kebugaran (yang efektif dan aman). Yogyakarta: Lukman Offset.

Irianto, Djoko Pekik. (2009). Panduan latihan kebugaran (yang efektif dan aman). Yogyakarta: Lukman Offset.

Ismayarti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Lhaksana, Justinus. (2012). Futsal Modern. Depok : Be Champion.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Mulyono. (2010). Tes & Pengukuran Pendidikan Jasmani Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Mulyono, Muhammad Asriady. (2014) Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta : Laskar Askara.

Sadoso Sumosardjuno. (1990). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : Dahara Priza.

Soekarman, R. (1991). Energi dan Sistem Energi Predominan Pada Olahraga.

Jakarta: KONI Pusat.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. (1995). Metodologi Penelitian. UNS Press. Surakarta.

Suhendro, A. (2003). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta:

FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumosardjuno, S. (1990). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tenang, John D. (2008). Jurus Pintar Maen Bola. Bandung : Mizan Media Utama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.