PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL KETERAMPILAN LAY UP PADA EKSTRAKURIKULER BASKET PUTRA SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Mukhlis Sidiq H., Islahuzzaman Nuryadin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap pencapaian hasil belajar lay up pada ekstrakurikuler basket putra SMA Al Islam 1 Surakarta tahun 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah metode eksperimen dan pelaksanaan latihan menggunakan metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler basket putra SMA Al Islam 1 Surakarta tahun 2015/2016 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) yang artinya penarikan sampel berdasarkan pendapat peneliti bahwa responden akan memberikan informasi dengan tujuan penelitian, sehingga diperoleh sampel sebanyak 32 orang. Hasil penelitian sesuai pengujian hipotesis menyimpulkan: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan lay up bolabasket pada ekstrakurikuler basket putra SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu, thitung 3.87298 lebih besar dari ttabel 2.43 dengan taraf signifikasi 5%, (2) metode pembelajaran bagian lebih baik pengaruhnya dari pada metode pembelajaran keseluruhan terhadap pencapaian hasil belajar lay up bolabasket pada ekstrakurikuler bolabasket putra SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan persentase peningkatan pencapaian hasil keterampilan lay up bolabasket menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran bagian) adalah 34.453% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode pembelajaran keseluruhan) adalah 8.511%. Metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan merupakan metode yang bisa meningkatkan kemampuan lay up bolabasket, tetapi metode yang paling baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan lay up bolabasket adalah metode pembelajaran bagian.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Keseluruhan, Metode Pembelajaran Bagian, Lay Up Bolabasket.

Full Text:

PDF

References

Sarumpaet, Zulfar Djazet dan Imam Sodikun. 1992. Permainan Besar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Hamidsyah Noer. 1996. Ilmu Kepelatihan Lanjut. Surakarta: UNS.

Barry L. Johnson and Jack K. Nelson. 1986. Practical Measurement for Evaluation Physical Education. Minnesota USA: Publishing Company.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. PT Dian Rakyat.

Bompa, Tudor O. 1999. Theory and Methodology of Training: The Key To Athletic Performance. Dubuque, IOWA: Kendall /Hunt.

Harsono. 1988. Choaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Choaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjendikti.

Ismaryati. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNS Press

Imam Sodikun. 1992. Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Kosasih, Dani. 2008. Fundamental Basketball-First Step to Win. Semarang: Karangturi Media.

M. Furqon H. 2002. Pemanduan Bakat Olahraga Modifikasi Sport Search. Surakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan. UNS.

Mulyono B. 2007. Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani Olahraga. Surakarta: JPOK FKIP UNS.

Machfud Irsyada. 1999. Bola Basket. Jakarta: Depdikbud.

Margareth, Safrit J. 1995. Introduction to Measurement In Physicial Education and Exercise Science. St. Louis Missouri.

Nana Sujana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nancy Lieberman Cline & Robbin Robert 1997. Bola Basket, Taktik dan Strategi. Alih Bahasa. Agus Pribadi. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Rusli Lutan. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar dan Metode. Jakarta PT. Gramedia.

Syaiful Sagala. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjarwo. 1992. Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta: UNS.

Sugiyanto. 1992. Belajar Gerak I. Surakarta: UNS Press.

Suharno HP. 1985. Ilmu Coaching Umum. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Soebagio Hartoko. 1993. Teori dan Praktek Bola Basket I. Surakarta: UNS Press.

Soebagio Hartoko. 1994. Teori dan Praktek Bola Basket II. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Thomas, Jerry R. And Nelson, Jack K. 2001. Research Methods in Physical Activity. 4th ed. United States of America: Human Kinetics Publisher.

Wissel Hal. 2000. Bola Basket Dilengkapi Dengan Program Pemahiran Dan Teknik. Alih Bahasa. Bagus Pribadi. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.