UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI UPW 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Aji Nugroho, Agustiyanto -

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 35 siswa yang seluruhnya perempuan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti, instrumen yang digunakan meliputi tes unjuk kerja dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle. Hasil belajar tersebut meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor dari 35 siswa hanya 14 siswa yang mencapai KKM atau 40% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 65,71% atau 23 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 88,57% atau 31 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar dalam meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui penggunaan alat bantu pembelajaran ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa.

 

Kata Kunci: Lompat Tinggi Gaya Starddle, Alat Bantu Pembelajaran, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF PDF

References

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djumidar A. Widya. 2007. Pembelajaran Lompat Tinggi Dengan Alat Bantu Karet. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Kristiyanto. A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Jasmani. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mukholid. A. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Surakarta: Yudhistira.

Tim Pedoman Skripsi. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: UNS Press.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.