PENGGUNAAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2015/2016

David Epifani Mahendra, Hendrig Joko Prasetyo

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajardribble bola basket siswa kelas VII SMP TARAKANITA Solo Baru tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP TARAKANITA Solo Baru tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 75 orang yang terdiri atas 37 siswa VIIA dan 38 siswa kelas VIIB . Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar dribble bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta penggunaan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket siswa kelas VII SMP TARAKANITA Solo Baru tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil belajar dribble bola basket pada pra siklus dalam kategori tuntas adalah 51 anak siswa. Pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 53 siswa. Adapun pada siklus II terjadi peningkatan persentasehasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 59 siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini ialah Penerapan pembelajaran model inovatif yaitu modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket siswa Kelas VII SMP Tarakanita Solo Baru Tahun Ajaran 2015/2016.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Aunurrahman, Sybilla. 2011. Pembelajaran yang Efektif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Carin and Sund. 1980. Teaching Science Through Discovery. (Fourth Edition) Charles Merry. Ohio: Publishing Co Coburn.

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

FKIP UNS. 2012. Pedoman Penyusunan Skripsi. Surakarta: FKIP UNS.

Furqon, H.A. 1968. Kiat-Kiat Menjadi Guru. Jakarta: Pradnja Paramita

Gino, H.J., dkk. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.

Hanusek, Eric. 1981. Why Quality Metter in Education. New York: Harvard University.

H.M., Ridwan. 2001. Penelitian Tindakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hubermen, M. A. dan P. Miles. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kosasih, Dani. 2008. Fundamental Basketball-First Step to Win. Semarang: Karangturi Media.

Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pandidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Margono, Agus. 2010. Permainan Bola Basket. Surakarta: UNS Press.

Mosston, V. 1994. Foundamentals of Teaching Methods. New York: Harvard University.

Nurochim. Peningkatan Mutu Sekolah. online.http://nurochim.multiply.com/journal/

item/1.

Ochan, Ahmad. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pidarta, Made. 1983. Management Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Prusak, Keven A. 2007. Permainan Bolabasket. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Rusman, Abdullah. 2011. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadikun, Imam. 1992. Olahraga Pilihan Bola Basket. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sarumpet, A., dkk. 1992. Permainan Bola Besar. Jakarta: Debdikbud. Dirjendikti.

Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Senjaya, Wina. 2008. Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Resdakarya.

Surachman, 1992. Pengajaran Inquiry. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdikbud.

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wissel, Hal. 2000. Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran dan Teknik.

Alih Bahasa. Bagus Pribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.