PENGARUH MEDIA SASARAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN GROUNDSTROKE FOREHAND PADA MAHASISWA PUTRA PENJASKESREK ANGKATAN 2012 JPOK FKIP UNS TAHUN 2014

Agustiyanto Agustiyanto, Agustiyanto Agustiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media sasaran terhadap hasil pembelajaran keterampilan groundstroke forehand pada mahasiswa putra penjaskesrek angkatan 2012 JPOK FKIP UNS TAHUN 2014. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Penjaskesrek angkatan 2012 JPOK FKIP UNS yang berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dari jumlah populasi 110 orang, diambil 30 mahasiswa secara acak, yang kemudian dilakukan tes dan pengukuran groundstroke forehand. Sampel tersebut mempunyai keterampilan yang merata. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran kemampuan groundstroke forehand. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%

Hasil Penelitian: hasil penelitian diperoleh nilai reliabilitas tes awal groundstroke forehand mahasiswa putra penjaskesrek angkatan 2012 JPOK FKIP UNS tahun 2014 adalah 0,839 dan nilai reliabilitas tes akhir mahasiswa putra penjaskesrek angkatan 2012 JPOK FKIP UNS tahun 2012 adalah 0,883. Dari uji normalitas diperoleh nilai Lhitung pada tes awal dan nilai Lhitung pada tes akhir lebih kecil dari nilai Ltabel dengan taraf signifikansi 5%, sehingga disimpulkan bahwa data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 14,498 dan ttabel = 2,045 (thitung>ttabel).

Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan sebesar 42,495%. Simpulan sebagai berikut: (1) Ada peningkatan hasil pembelajaran keterampilan groundstroke forehand mahasiswa putra penjaskesrek angkatan 2012 JPOK FKIP UNS TAHUN 2014 dengan nilai perhitungan Thitung sebesar 14,498 dan Ttabel sebesar 2,045 pada tarafsignifikasi 5%,. Berarti Thitung lebih besar dari Ttabel, sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, antara tes awal dan tes akhir terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu dengan persentase peningkatan sebesar 42,495%.

Full Text:

PDF

References

Adisasmita, Yusuf & Aipsyarifuddin. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta:

Dekdibud. Dirjen dikti.Proyek Pendidikan Tingkat Akademik.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:

Rineka Cipta

Tennis Course Techniques and Tactics Vol.1.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud. Dirjen

Dikti proyek pembinaan Tenaga Pendidika

Education Series, Inc. Brown, Jim. 1995. Tenis Pemula. Jakarta: Gravindo Persada.

Gautschi, Marcel. 1996. Metode Bermain, Berlatih dan berprestasi. Semarang.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoyo, Murti. 2002. Teknik Bermain Tenis. Jakarta.

Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. (Terjemahan: Med Meitasari Tjandrasa dan

Muchichah Zarkasih). Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Irianto, Joko Pekik. 2002. Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Ngeri Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. 2008. Balai Pustaka, Jakarta.

Lardner, Rex. 1996. Tekink Dasar Tenis Strategi dan Teknik Yang Akurat. Semarang:

Dahara Prize.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode.

Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.

___________, dan Adang Suherman. 2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes.

Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Magethi, Bey. 1999. Tenis Para Bintang. Bandung: Pioner Jaya.

Marso, Sumarsono. 1994. Tenis Tingkat Pemula. Jakarta

Mulyono B. 1999. Teori dan Praktek Tenis Lapangan. Surakarta: JPOK FKIP UNS.

Pedoman Penulisan Skripsi. 2012. Surakarta: FKIP UNS.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta.

Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Karya.Sajoto, M. 1995. Peningkatandan Pembinaan Kondisi Fisik Dalam

Olahraga. Semarang: Dahara Press.

__________. 2000. Teori dan Praktek Tenis Lapangan I. Surakarta: UNS Press.

__________. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani/ Olahraga.

Surakarta: JPOK FKIP UNS

__________. 2007. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani/ Olahraga.

Cetakan I. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Schrarff. 1981. Belajar Tenis 1. Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjarwo. 1995. Ilmu Kepelatihan. Surakarta: UNS Press.

Sugiyanto dan Agus Kristiyanto. 1998. Belajar Gerak II. Surakarta: UNS Press.

Suharno HP. 1993. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suhendro, Andi. 2004. Dasar-Dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukintaka. 1992. Teori motorik Bermain Penjas. Jakarta: Depdikbud

Wahjoedi. 1999. Jurnal Iptek Olahraga. Jurnal.Jakarta:Pusat Pengkajian

Yudoprasetio, B. 1981. Belajar Tenis Jilid 2. Jakarta: Bathara Karya Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.