Metode Tutor Sebaya sebagai Upaya Meningkatan Keaktifan Belajar Membaca Pemahaman Teks Naratif Berhuruf Jawa

Bagas Bayu Sadewo, Atikah Anindyarini, Prima Veronika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar membaca teks naratif berhuruf jawa dengan metode Tutor Sebaya (peer tutoring) pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 4 Sragen Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MetodeTutor Sebaya (peer tutoring). Metode Tutor Sebaya (peer tutoring) memiliki kelebihan yaitu: menghilangkan ketakutan yang sering disebabkan oleh perbedaan umur, status antara peserta didik dan guru, antar peserta didik lebih mudah bekerja sama dan komunikasi, lebih mungkin terjadi pembelajaran personal antara teman dengan teman, tutor teman lebih sabar terhadap teman yang lamban dalam belajar, lebih efektif karena peserta didik yang lemah akan dibantu tepat pada kekurangannya, tumbuhnya rasa toleransi serta saling membantu dan mendukung dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan teknik analisi deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes pada keadaan awal sebelum tindakan (PraSiklus), tes setelah Siklus 1 dan nilai tes setelah Siklus 2. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata skor keaktifan siswa meningkat dari 53,13% pada kondisi awal menjadi 74,38% pada Siklus I, dan 82,5% pada Siklus II, sehingga terjadi peningkatan 29,37. Penerapan metode Tutor Sebaya (peer tutoring) dapat meningkatkan keaktifan belajar membaca teks naratif berhuruf jawa pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Sragen, Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/ 2023.

Keywords

Tutor Sebaya (Peer Tutoring); Keaktifan Belajar; Teks Naratif; Huruf Jawa

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Abu & Prasetya, J.T. (2005). Strategi belajar mengajar (SBM). Bandung: Pustaka Setia.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, E. Pembelajaran Matematika kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI.

Suwito, Joko. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Membaca Wacana Berhuruf Jawa Pada Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 4 Sragen Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Puruhita: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2).

Wali, Gaspar Naju Kaduwu, dkk. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi. 2(2).

Widjono, H.S. (2007). Basa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pamungkas, Mardin Dewi. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berbahasa Jawa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Gambar Berseri Berbasis IT Pada Siswa Kelas VII E SMP N 1 Banyudono. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 6(1), 83-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.