Implementasi Metode Sosiodrama untuk Melatih Komunikasi Remaja sesuai Unggah-ungguh Bahasa Jawa

Prima Veronika, Budi Waluyo, Djoko Sulaksono, Astiana Ajeng Rahadini, Kenfitria Diah Wijayanti, Tya Resta Fitriana, WInda Dwi Lestari

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menjelaskan implementasi metode sosiodrama untuk melatih komunikasi remaja sesuai unggah-ungguh Bahasa Jawa. Metode yang digunakan adalah ekspositori, diskusi, praktik dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juni 2023. Bertempat di gedung pertemuan warga Kampung Gulon RT.01/ RW 19, Jebres, Surakarta dengan total peserta sebanyak 20 orang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masih banyak remaja yang belum terbiasa menggunakan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dalam berkomunikasi sehari-hari. Sebagian peserta masih merasa malu-malu ketika diajak berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa. Kemudian kami mengajak peserta melakukan praktik menggunakan metode sosiodrama. Peserta diajak berinteraksi secara berkelompok dengan cara memainkan peran dengan menggunakan dialog bahasa Jawa. Melalui metode sosiodrama, mereka mampu mempraktikkan percakapan berbahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dengan baik dan benar berdasarkan dengan lawan tutur.

 

Full Text:

PDF

References

Ambarwati. (2022). Upaya Guru Bahasa Jawa dalam Menerapkan Unggah-ungguh basa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 3 Brebes. Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, serta Pengajarannya. 4(1), 1-9. https://doi.org/10.26877/jisabda.v4i1.12755 Anggarasari, N. H. (2017). Perbedaan Strategi Pembelajaran Sosiodrama dan Presentasi Dalam Proses Pembelajaran. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.51 Gunarwan, A. (2006). Kasus-Kasus Pergeseran Bahasa Daerah: Akibat Persaingan dengan Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Indonesia, 24(1), 96-113. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&id=117823&src=a Syalafiah, M. (2020). Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Jurnal Fokus IKIP Siliwangi, 3(3), 80-88. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.4908 Marmanto, S. (2012). Berbahasa Jawa Sesuai Unggah-Ungguh Basa. Remaja Rosda Karya. Sasangka, S. S. T. W. (2004). Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Yayasan Paramalingua. Setiyadi, D. B. P. (2007). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa dalam Kerangka Budaya sebagai bagian dari Upaya Pelestarian Kebudayaan dan Bahasa Jawa. Dalam Mulyana (Ed), Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalam Kerangka Budaya (pp. 59-75). Tiara Wacana. Setyawan, B. W. (2018). Fenomena Penggunaan Unggah-ungguh basa Jawa di Kalangan Peserta Didik SMK di Surakarta. Jurnal Widyaparwa, 46(2), 145-156. http://dx.doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.200 Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Suryadi, M. (2017). Faktor Internal Lemahnya Penguasaan Bahasa Jawa Krama Pada Generasi Muda. Jurnal NUSA, 12(4) 227-237. https://doi.org/10.14710/nusa.12.4.227-237. Wedhawati, dkk. (2006). Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Kanisius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.