Implementasi Ajaran Asah Asih Asuh Pada Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S.W., Wiharti, U., & Soleha, N.M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(12), 2105–2116.
Dewantoro, K H. (1977). Pendidikan Bagian Pertama. Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa dan Majelis Luhur Taman Siswa. (Text in Indonesian)
Fajri, S., & Trisuryanti, T. (2021). Gagasan Sistem Among Ki Hadjar Dewantara Dalam Membangun Pendidikan Di Indonesia Sejak 1922 Sampai Dengan 2021. Journal of History Education, 3(1), 18-27.
Fitriyani, Listia (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, 18(1), 93-110.
Gusteti, M Ultra., Neviyarni. (2022.) Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.
Halqi, M., Muliadi, A., Yusuf, Y., & Mahsul, A. (2022). Pendidikan Sistem Among dalam “Tasrih Wasiat Renungan Masa” Karya Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid 1. Multi Discere Journal, 1(1), 31–40.
Harsono. (2008) Model-model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182Ki Suratman (1987). Tugas Kita Sebagai Pamong Taman Peserta didik. Yogyakarta. Majelis Luhur Yogyakarta
Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Proceeding STEKOM, 2(2).
Ki Suratman, 1987, Tugas Kita Sebagai Pamong Taman Siswa, Majelis Luhur Yogyakarta.
Nazir,M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Noorhapizah, Pratiwi, D. Ayu., Putri, T., (2023). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 63-72.
Nuri, M.S (2016). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among Di SDN Timbulharjo Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 129-140.
Prayitno. 2002. Hubungan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat SLTP.
Rochmiyati, S., Supriyadi, D., Irfan, M., Lestari, D.P., Sari, N.H.I., Kusumadewi, V., Prayogi, I.E., & Wibowo, K.A. (2023). Implementasi Asah-Asih-Asuh Dalam Pengelolaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Education and Development, 11(1), 290-296.
Sari, CR., Rosyid, AT., Prestika, Y. (2019). Implementasi sistem among di sekolah dasar. Prosiding Semina Nasional PGSD, April, 97–101.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyosari, Y., Karwur, H.M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Harmony, 7(2), 66-75.
Susila, I.K.D., & Aryasuari, I.G.A.I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar. Jurnal Widya Balina, 8(1), 585-592.
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digests, 1–7.
Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In Association for Supervision and Curriculum Development.
Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.