IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN ARENDS TEKS PAWARTA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KARANGGEDE

Linda Saviera Rahmawati, Budi Setiawan, Rahmat Rahmat

Abstract

Dalam pelajaran bahasa siswa dituntut terampil berbicara. Namun masih banyak siswa yang kurang memiliki ketarampilan berbicara bahasa Jawa. Guru memilih model pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Model pembelajaran yang digunakan yaitu kooperatif tipe Time Token Arends. Penelitian betujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Time Token Arends.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme untuk meneliti keadaan objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik triangulasi.

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Karanggede, bahwa langkah-langkah Pembelajaran Time Token Arens meliputi: guru membentuk kelompok beranggota 4 siswa,  membagi kupon berbicara kepada seluruh peserta didik dan teks pawarta pada setiap kelompok, guru memberikan kesempatan pada kelompok untuk berdiskusi, guru mempersilakan perwakilan kelompok untuk  berbicara secara bergantian, guru mempersilakan peserta didik yang lain untuk menanggapi, guru memberikan kesempatan satu kali bagi tiap peserta didik untuk berbicara.

Hambatannya guru kesulitan membagi waktu, solusinya dibagi menjadi dua pertemuan. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang banyak memakan waktu dan tenaga, solusinya melibatkan siswa dalam mencari teks pawarta.  Siswa merasa dibatasi waktu untuk menyampaikan tanggapan, solusinya dengan penambahan waktu, yang baerasal dari daerah lain, solusinya dengan pelatihan individual.

Keywords

Time Token Arends; Teks Pawarta

Full Text:

PDF

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.

Cahyono, E. S., Waluyo, B. & Rahmat. (2022). Aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pada Berita Berbahasa Jawa Dalam Tabloid Jawacana. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 6(1), 51-66.

Diah. (2012). Pembelajaran Time Token Arends. Jurnal Bidan Diah. Diperoleh pada 25 desember 2022, dari https:blogspot.co.id/2012/04/Pembelajaran-Time-Token.html?m=1.

Fitri, I. H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V MI Al-Hidayah Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Judhanti, D. E. (2019). Penggunaan Metode Time Token Arends Terhadap Keterampilan Berbicara Debat Siswa Kelas X MAN 1 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Miftahul, H. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. Disertasi, Sekolah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lampung: Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id.

Pratiwi, M. D., Anindyarini, A. & Rahmat. (2017). Analisis Kesantunan dalam Teks Pawarta pada Majalah Panjebar Semangat Tahun 2015 dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Menelaah Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Jawacana. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 1(1), 77-88.

Purba, A., dkk. (2022). Strategi Pembelajaran (Suatu Pengantar). Yayasan Kita Penulis.

Son, R. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291.

Suciati, R., Mascita, D. E. & Pujiatna, T. (2019). Penerapan Model Berpikir, Berbicara, dan Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 4 Nomor 1 Maret 2019. Page 53-58.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Sya’ban, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X SMA Nasional Makassar. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.