NILAI RELIGIOSITAS SYIIRAN DI KABUPATEN BOYOLALI SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA/SMK/MA

Risky Nuryulianto, Budi Waluyo, Favorita Kurwidaria

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) menjabarkan nilai-nilai religiositas yang terkandung di dalam karya sastra lisan berupa syiiran yang ada di Kabupaten Boyolali dengan menggunakan kajian pembacaan heuristik dan hermeneutik (2) menjelaskan dan menjabarkan relevansi hasil analisis karya sastra lisan yang berupa syiiran di Kabupaten Boyolali di dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMA/SMK/MA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitiatif dengan menggunakan analisis pembacaan heuristik dan hermeneutik. Sumber data yaitu berupa observasi, informan, dan dokumen. Uji validitas data di dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Teknik sampling di dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Di dalam pengumpulan data yaitu  dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk teknik analisis data yaitu dengan menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan analisis pembacaan heuristik dan hermeneutik di dalam syiir-syiir ini memiliki nilai-nilai religiositas. Kesimpulan yang dihasilkan di dalam penelitian ini adalah syiir-syiir yang ada di dalam penelitian ini memiliki keterkaitan atau relevansi apabila digunakan sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas sederajat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis penelitian syiir terhadap Kompetensi Dasar mengenai tembang macapat. 

Keywords

heuristic and hermeneutic reading studies; religiosity values; Syiir; teaching materials

Full Text:

PDF

References

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 126-129.

Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi †œAku†Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 310-323.

Damono, S.D. (2020). Sosiologi sastra. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, S. (2015). Kajian Budaya Religi dan Ritual. teguhimamprasetyo.wordpress com. diunduh pada, 19 Oktober 2022

Farobi, Z. (2019). Sejarah Wali Songo. Bandung: Muezza.

Mangunwijaya, Y. B. (1988). Sastra dan Religiositas. Yogyakarta: Kanisius.

Marcus, G., & Sollors, W. (Eds.). (2012). A New Literary History of America. Harvard University Press

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2011). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nasir, A., & Huda, M. (2019). Mengarang Syair-Syair Arab Melalui Kebiasaan Menulis Siswa Dalam Kajian’arūḍ Wal Qowāfī. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11, 80-96.

Pradopo, R. D. (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widia.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 71-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.