PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS X ASISTEN KEPERAWATAN SMK BHAKTI KARYA KARANGANYAR

Putri Kusuma Wardani, Astiana Ajeng Rahadini, Prima Veronika

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas X Asisten Keperawatan SMK Bhakti Karya Karanganyar menggunakan model pembelajaran kumon dan media gambar yang berjumlah 15 siswa. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) ini mengimplementasikan metode pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Data kualitatif bedasarkan hasil analisis dari wawancara guru kelas X mata pelajaran Bahasa Jawa, siswa, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berdasarkan hasil analisis dari hasil tes, observasi guru dan siswa. Hasil data tes dijabarkan dengan melihat nilai rata-rata saat pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pratindakan, siswa mendapatkan nilai rata-rata 57 dengan persentase ketuntasan 13,34%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata 71,2 dengan persentase ketuntasan 40,02%. Tindakan siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,26 yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal, namun persentase 60,03% yang berarti belum memenuhi indikator kesuksesan penelitian. Penelitian dilanjutkan hingga siklus III dengan nilai rata-rata 87,8 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kumon dan media gambar yang digunakan dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan dan memilih model dan media pembelajaran variatif seperti model pembelajaran kumon dan media gambar, serta memotivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa. 

 

Keywords

Kumon; Keterampilan Menulis; Aksara Jawa.

Full Text:

PDF

References

Aini, Moh. (2021). “The Implementation of Kumon Method in Teaching Simple Past Tense at the Eighth Grade of MTSN 3 Sumber Bungur Pamekasan”. Thesis, English Teaching Learning Program(TBI), Tarbiyah Faculty, State Islamic Institute of Madura.

Drs. H. Mosleh Habibullah, M.Pd. Anggraeni. Dkk. (2017). “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Ragam Krama Melalui Metode Pemodelan dan Media Gambar Tematik pada Siswa Kelas X IIS 2 SMA”. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol. 3(1) ISSN: 2620-343X DOI: https://doi.org/10.20961/sabpbj.v3i1 Hal. 117-13

Anitah. (2009). “Media Pembelajaran”. Surakarta: Panitia Sertifikasi Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2015). “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: Bumi Aksara.

Bonita. Dkk. (2020). “Efektivitas Modhel Pembelajaran Kumon terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 (Modhel) Lubuklingau” Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. E-ISBN : 978-602-5830-27-3 136 Halaman 136-146.

Fudhaili, Achmad. (2022). “Model Kumon as a Learning Sequence: Improving Students Imla’ Writing Skill”. An Nabighoh 24, No. 2 (2022): 155. DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i2.5138.

Hasan, Anwari, Dkk. (2021). “Media Pembelajaran”. Fatma Sukmawati (Ed) Klaten: Tahta Media Group.

Istarani. (2015). “50 Tipe, Strategi, dan Teknik Pembelajaran Kooperatif”. Medan: Media Persada.

Jawa Tengah. (2013). Peraturan Gubernur Jawa Tengah nomer 57 tahun 2013 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Jawa Tengah.

Jusmawati. Dkk. (2021). “Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: Samudra Biru. Kumonglobal.com. (Online). “Kumon Milestone”. Diperoleh 12 Januari 2023, dari https://id.kumonglobal.com/discover/our-milestones-achievements/

Kurniasih. (2013). “Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jakarta: Kata Pena.

Lazuardi, D. (2019). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Menggunakan Model Pembelajaran Kumon Siswa Kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. STKIP-PGRI Lubuklingau. PBSI Vol.7 No.2, Juli-Desember 2019

Nugroho. Dkk. (2022). “Analisis Kesalahan Penulisan Aksara Jawa Pada Papan Nama Jalan di Kota Surakarta”. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol. 7(1) (2023) P-ISSN 2620-343X E-ISSN 2986-3074 DOI: https://doi.org/10.20961/sabpbj.v7i1 Hal. 26-40.

Pratiwi. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Gambar Sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Keterampilan Menulis Beraksara Jawa pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mojosongo Boyolali.” Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Prihantono, D. (2011). “Sejarah Aksara Jawa”. Yogyakarta: Javalitera. Rianto, Andre. (1982). “Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan”. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Sudjana. (2014). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulaksono. (2016). “Seputar Budaya Jawa”. Solo: Cakrabooks.

Windarti. (2021). “Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Model Pembelajan Kooperatif Kartu Arisan”. Jurnal Karya Ilmiah Guru hal. 183 - 192 p-ISSN 2527-5712 ; e-ISSN 2722-2195 ; Vol.6, No.2, Mei 2021 Journal homepage : https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/ DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.