Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Telaah Teks Deskripsi Upacara Adat Siswa SMP

Denox Widya Sari, Atikah Anindyarini, Sumarwati Sumarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta hasil belajar siswa pada materi telaah teks deskripsi upacara adat Jawa melalui penerapan metode mind mapping terhadap siswa kelas IX SMP Angkasa Adi Soemarmo, Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya yaitu proses pembelajaran telaah teks deskripsi upacara adat Jawa, guru mata pelajaran Bahasa Jawa Kelas IX SMP Angkasa Adi Soemarmo dan Siswa kelas IX SMP Angkasa Adi Soemarmo yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pada proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya skor keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran telaah teks deskripsi upacara adat Jawa menggunakan metode mind mapping. Hasil belajar siswa juga menunjukkan perubahan yang ditandai dengan meningkatnya persentase ketuntasan pada hasil evaluasi telaah teks deskripsi upacara adat Jawa. Skenario pembelajaran yang efektif diantaranya sebagai berikut: siswa terbagi dalam beberapa kelompok, siswa membaca teks deskripsi upacara adat dan menuliskan kembali dalam bentuk peta pikiran, siswa presentasi dan tanya jawab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode mind mapping mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta hasil belajar siswa pada materi telaah teks deskripsi upacara adat Jawa di kelas IX.

Keywords

hasil belajar; kualitas proses; mind mapping; teks deskripsi

Full Text:

PDF

References

Aprinawati, L. (2018). Penggunaan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2 (1), 140-147. diperoleh 09 Oktober 2022 dari https://www.neliti.com.

Arikunto, S. dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Astriani, D. dkk. (2020). Mind Mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. iJET, 15 (6), 08 Oktober 2022 http://www.ijet.org

Azizah, F.R. (2020). Mind Map dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Bahasa arab. (Versi Elektronik). Journal Of Arabic Learning and Teaching, 9 (2), 156 – 167. diperoleh 30 Oktober 2022 dari http://journal.unnes.ac.ic./sju/index.php/laa.

Bhakti, W.P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2). Dientukake 05 Januari 2023 saka http://scholar.google.co.id

Buran, A., & Filykov, A. (2015). Mind mapping technique in language learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 206, 215-218.https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010.

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dahlani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemehaman Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV (2), 24 Oktober 2022. dari https://scholar.google.co.ci

Heidari, A.A., & Karimi, L. (2015). The effect of mind mapping on vocabulary learning and retention. International Journal of Education Investigations, 2 (12), 54 - 72. https://scholar.google.co.id

Jiang, Y. (2020). Application of the Mind Map in Learning English Vocabulary. Open Acces Library Journal, 7 (6), 1 - 4. Dientukake tanggal 10 Desember 2022, Saka https://doi.org/10.4236/oalib.1106484

Karim, A. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Mind Map pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Jurnal IJTIMAIYA, 1 (1), diperoleh 09 Oktober 2022 dari https://www.researchgate.net

Karim, A.A., Mujtaba, S. & Hartati, D. (2023). Penyusunan Bahan Ajar berbasis Cerita Rakyat Karawang sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa di Smp Al Muhajirin Tegalwaru. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 47-58. https://scholar.google.co.id.

Latifah, N. N., Atharina, F.P., & Arifin, Z. (2019). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Materi Tembang. Journal For Lesson and Learning Studies, 2(2), 276-283. diperoleh 05 Januari 2023 dari http://scholar.google.co.id

Luangkrajang, M. S. (2022). Use of Mind Mapping in Language Learning: A Cognitive Approach. Theori and Practice in Language Studies, 12 (8), 1616 – 1621, diperoleh 10 Desember 2022,https://scholar.google.co.id

Maryani, S., Milandari, B. D., & Dewi, M.S. (2019). Analisis Kemampuan Menelaah dan Merevisi Teks Deskripsi Pedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembengan Kependidikan, 10 (1), 16 – 19. diperoleh 03 Mei 2023 pada https://scholar.google.co.id

Pandawa, N., Hairudin., Sakdiyah, M. (2009). Pembelajaran Membaca. Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dari https://arifinmuslim.fiels.wordpress.com/2011/12/membaca-kkg.pdf

Pusparini, I. (2017). Meningkatkan Pemahaman Teks Deskriptif Siswa Melalui Model Mind Mapping di SMP Negeri 13 Banjarmasin. Vidya Karya, 32 (2), 158 - 165. https://scholar.google.co.id

Puspitasari, F.D.A. (2017). Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Jawa Ragam Krama Siswa SMP Negeri 40 Semarang. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(1), 28-33. diperoleh 05 Januari 2023 dari http://scholar.google.co.id

Puspitasari, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 465-470) diperoleh 03 Mei 2023 pada https://scholar.google.co.id

Rostikawati, Y. (2017). Penerapan Model Mapping Activity (MA) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Semantik, 3 (2), 178 - 189. https://sholar.google.co.id

Sudrajat, Y., & Munzir. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (3), 263-266 dipeoleh 03 Mei 2023 pada https://scholar.google.co.id

Sumarwati, S.,& Martabatul, S. (2019). Membuat Peta Pikiran pada Kegiatan Prabaca untuk Mengidentifikasi Ide Pokok dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Melalui Colaborative Action Research. Basastra : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 7(1), 137 – 154 diperoleh 02 Mei 2023 pada https://jurnal.uns.ac.id

Suryani, W. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Mind Mapping. Inovasi Pendidikan, 8 (1). diperoleh 03 Mei 2023 pada https://scholar.google.co.id

Suwandi, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa

Tilova, E. M., Supriyanto, T., & Utomo, U. (2019). The Effectiveness of Text -Based Instruction in The Javanese Language Through Communicative Intregative Approaches to Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(7), 88 – 92. diperoleh 06 Januari 2023 dari https://scholar.google.co.id

Wati, M.A., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2018). Culture Conversation Through Implementation of Local Wisdom in Tradition Ceremony of Dhukutan in Javanese Language Learning. in International Seminar on Recent Language, LiteratureaAnd Local Culture Studies (BASA 2018) (pp. 584 – 590). Atlantis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.