Analisis Struktur Naratif Cerita Sumur Sanga dan Kebo Bule Serta Tanggapan Dari Masyarakat

Amanda Pisan Pramesti, Anjeli Yunita Rosaratri, Aprilia Kristian Intan Widyarini, Prisa Eka Yansa

Abstract

Sastra sebagai  wujud kebudayaan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Pada penelitian ini, kami mengangkat sastra lisan mengenai Sumur Sanga dan Kebo Bule. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui struktur naratif cerita dari Sumur Sanga dan Kebo Bule serta tanggapan masyarakat terhadap dua cerita tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode struktur naratif Alan Dundes. Dari hasil penelitian ini ditemukan motifeme dari Sumur Sanga yaitu lack, interdiction, task, lack, dan lack liquidate. Sedangkan Kebo Bule ditemukan motifeme lack liquidate, task, lack, lack liquidate, task completed, dan lack liquidate. Dapat disimpulkan dari kedua cerita tersebut terdapat motifeme yang sama yakni diakhiri motifeme lack liquidate. Sedangkan perbedaannya didalam cerita Sumur Sanga terdapat motifem interdiction dan pada cerita Kebo Bule tidak ada interdiction tetapi ada task completed. Selain itu, terdapat tanggapan dari masyarakat terhadap mitos cerita Sumur Sanga dan Kebo Bule yang sebagian masyarakat mempercayai mitos tersebut.

Keywords

sastra lisan; sumur sanga; kebo bule; struktur naratif

Full Text:

PDF

References

Dundes, Alan. (1965.) The Study of Folklore. Engelwood Cliffs, N.J. Prentice Hall.

Isnanda, R. (2018, April). Sastra lisan sebagai cerminan kebudayaan dan kearifan lokal bagi masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 2).

Karim, R., Widaningrum, I., & Widiyahseno, B. (2020). Penelusuran Sejarah Kebo Bule “Kyai Slamet” di Keraton Surakarta dan Kelahiran Kesenian Kebo Bule sebagai Media Dakwah Islam di Ponorogo. Sebatik, 24(2), 240-252.

Kanzunnudin, M. (2020). Cerita Lisan Dua Orang Sunan Beradu Jago dalam Kajian Struktural dan Fungsi Alan Dundes. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 235-248.

Madani. Sulistyorini, D., & Andalas, E. F. (2017). Sastra Lisan: Kajian Teori dan Perapannya dalam Penelitian. Madani.

Moleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purnamasari, R. A., & Utari, P. FENOMENA KEBO BULE KYAI SLAMET DALAM KIRAB 1 SURO KERATON KASUNANAN SURAKARTA.

Rokhmansyah, A. (2013). Studi dan Pengkajian Sastra. Semarang: Graha Ilmu.

Rudianto, R., Widiyahseno, B., & Widaningrum, I. (2020). KESENIAN KEBO BULE (Media Penyiaran Agama Islam di Ponorogo). Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(2), 122-138.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.