Media Pembelajaran Kaligrafi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Aksara Jawa

Ratna Wijayanti, Astiana Ajeng Rahadini, Djoko Sulaksono

Abstract

Penggunaan aksara Jawa di era modernisasi ini mengalami degradasi khususnya bagi masyarakat Jawa sendiri. Aksara Jawa dianggap sudah tidak relevan dengan kehidupan saat ini dan dianggap sulit membuat aksara ini jarang digunakan. Salah satu upaya yang dilakukan agar aksara Jawa tetap lestari adalah dengan mengembangkannya di instansi pendidikan. Akan tetapi dalam dunia pendidikan pun aksara Jawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa juga mengalami penurunan karena dianggap monoton. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan pembelajaran aksara Jawa yaitu dengan kaligrafi aksara Jawa. Dengan menggunakan media ini siswa bebas berekspresi sesuai dengan imajinasi mereka. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran aksara Jawa agar senantiasa tetap lestari sebagai kekayaan budaya nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara menganalisis data dan sumber data secara deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah minat siswa dalam pembelajarn aksara Jawa meningkat dan siswa dapat memahami penulisan aksara Jawa. Pembelajaran yang didasari pada rasa senang akan dapat mencapai indikator secara optimal.

Keywords

aksara Jawa, kaligrafi, siswa

Full Text:

PDF

References

Adi, Sigit Purnomo. 2022. Dari Tradisi Hingga Kontemporer (Esai-Esai Seni Rupa). Surakarta: UNS Press

Hardjawijana, Harjana. 1995. Pedoman Penulisan Aksara Jawa . Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

Hartini. 2012. Membaca Manuskrip. Surakarta: Program Buku Teks LPPMP UNS.

Prihantono, Djati. 2011. Sejarah Aksara Jawa. Yogyakarta: Javalitera.

Saktimulya, Sri Ratna. 2016. Naskah-Naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830 – 1858).

Sirojuddin. 2016. Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Amzah.

Sulaksono, Djoko. 2016. Seputar Budaya Jawa. Surakarta: Cakra Books.

Syahputra, Edi et.,al. 2022. Perbedaan Makna Bahasa Tulis dan Bahasa Lisan. Mude. Vol 1 (3).

Teparić, Meliha. 2013. Islamic Calligraphy and Vissions. IKON. Vol (6).

Zoetmulder, P.J. 1974. Kalangwan : Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.