Analisis Kohesi dalam Iklan Radio Berbahasa Jawa Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Pariwara di SMA

Priyangga Dyah Ayu Pitaloka, Raheni Suhita, Kenfitria Diah Wijayanti

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa diperoleh pada tiap satuan pendidikan di SMA. Materi dalam pembelajaran tersebut beraneka ragam, misalnya pembelajaran pariwara di SMA. Materi pariwara di SMA biasanya hanya berasal dari buku teks. Guru sulit mencari materi yang berkaitan dengan pariwara. Iklan radio berbahasa Jawa sesungguhnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber baru dalam materi ajar untuk mengatasi kesulitan tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna kohesi leksikal pada iklan radio berbahasa Jawa serta relevansinya sebagai materi pembelajaran pariwara di SMA. Lokasi penelitian yang digunakan untuk memperoleh data relevansi materi ajar pariwara bertempat di SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi pada iklan radio berbahasa Jawa. Iklan radio berbahasa Jawa yang digunakan yaitu periode Maret-April 2019 dengan lingkup area Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Adapun nama radio yang digunakan yaitu CJDW 107 FM, MDS 14,47 FM, Argososro 93,2 FM,  Persatuan Bantul 94,2 FM, Fortuna 101,9 FM, H 89,6 FM, Citra 98,8 FM, Gema Soedirman 96,3 FM, dan Handayani Adhiloka 99,9 FM.  Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam wacana iklan radio berbahasa Jawa mengandung semua bentuk kohesi leksikal yang terdiri atas repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, ekuivalensi, dan hiponimi. Wacana iklan radio berbahasa Jawa relevan dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Jawa kelas XI semester genap pada kompetensi dasar menelaah teks iklan berbahasa Jawa dan menulis teks iklan berbahasa Jawa.

Keywords

bentuk dan makna kohesi leksikal; iklan radio berbahasa Jawa; materi ajar pariwara

Full Text:

PDF

References

Aprilia, Lina. (2014). Pengaruh Internet Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Crossley, Scott A & McNamara, Danielle S. (2010). Cohesion, Coherence, and Expert Evaluations of Writing Proficiency. Proceedings of the Annual Meeting of the Cognitive Science Society, 32 (32), 984-989. Diperoleh 26 Maret 2019, dari https://cloudfront.escholarship. org. Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena. Mandia, I Nyoman. (2016). Analisis Wacana Karya Tulis Praskripsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Soshum, 5 (3), 205-216. Diperoleh pada 18 Oktober 2018, dari http://ojs.pnb.ac.id/index.ph/ SOSHUM/article/view/358. Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Anaisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana. Parwati, Edin. (2011). Kohesi Leksikal Repetisi pada Wacana “Wayang Durangpo” dalam Surat Kabar Harian Jawa Pos Edisi FebruariApril 2010. Artikulasi, 12 (2), 807-816. Dipeoleh pada 16 Juni 2019, dari https://scholar. google.co.id/scholar?hl=id&as_ sdt=0%2C5&q=edin+parwati& btnG. Poerwadarminta, W.J.S. (1939). Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters’ Uitgevers Maatchappij N. V. Groningen. Rahardiyan, Elvan. (2013). Pemanfaatan Internet dan Dampaknya pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Surabaya. Skripsi Dipublikasi- kan. Universitas Airlangga. Sumadi. (2004). Kohesi Leksikal dalam Wacana Narasi Bahasa Jawa. Widyaparwa, 32 (1), 5973. Sumarlam. (2013). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: bukuKatta. Wahyanti, Murni S. (2013). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter bagi Guru Bahasa Inggris SD di Kecamatan Tembalang. Rekayasa, 11 (2). 105-110. Diperoleh pada 3 Maret 2019, dari https://journal.unnes.ac.id/ nju/index.php/rekayasa/article/. view/10315. Zhou, Lan & Son, Qiang. (2019). A Contrastive Analysis of Explicit Cohesion in English Advertising Texts and Their Chinese Consecutive Interpretation Versions. Theory and Practice in Language Studies, 9 (4), 465-472. Diperoleh 26 Maret 2019, dari http://www. academypublicatin.com. Zulkifli & Royes, Nadjamuddin. (2017). Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 3 (2), 120-133. Diperoleh pada 18 Oktober 2018, dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/i ndex.php/jip/article/view/1646.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.